Share

10 Cara Menambah Tinggi Badan dengan Cepat dan Alami

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 21 Februari 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 21 481 2550555 10-cara-menambah-tinggi-badan-dengan-cepat-dan-alami-b8pNOHw64I.jpg Cara menambah tinggi badan dengan cepat dan alami (Foto: Healthline)

CARA menambah tinggi badan dengan cepat dan alami dalam artikel ini bisa Anda coba. Ada 10 tips yang bisa Anda coba, apa saja?

Meskipun merawat tubuh Anda dengan baik dapat membantu Anda tumbuh lebih tinggi, tinggi badan Anda sebagian besar ditentukan oleh genetika Anda. Setelah pelat pertumbuhan Anda menyatu, Anda akan berhenti tumbuh lebih tinggi, yang biasanya terjadi antara usia 14 dan 20 tahun.

Jika Anda masih tumbuh, nutrisi yang baik dan gaya hidup sehat dapat membantu Anda menjadi lebih tinggi. Selain itu, Anda mungkin dapat menambah tinggi badan sekitar 0,5 hingga 2 inci (1,3 hingga 5,1 cm) dengan meregangkan tulang belakang setiap hari.

Dilansir MNC Portal dari laman WikiHow pada Senin (21/2/2022), berikut adalah 10 cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah tinggi badan secara alami.

1. Makan makanan yang sehat dan bergizi untuk membantu tubuh Anda tumbuh

Cara Menambah Tinggi Badan dengan Cepat dan Alami

(Cara Menambah Tinggi Badan dengan Cepat dan Alami, Foto: Healthline)

Nutrisi yang baik sangat penting untuk mencapai potensi tinggi badan Anda, yang merupakan tertinggi yang dapat dicapai tubuh Anda. Bangun makanan Anda di sekitar sayuran segar, buah-buahan, dan protein tanpa lemak. Isi setengah piring Anda dengan sayuran, 1/4 piring Anda dengan protein tanpa lemak, dan 1/4 piring Anda dengan karbohidrat kompleks.

BACA JUGA : 5 Cara Menambah Tinggi Badan, Sebulan Langsung Terlihat Hasilnya!

2. Masukkan lebih banyak protein ke dalam diet Anda

Protein membantu tubuh Anda membangun massa tubuh yang sehat, seperti otot. Ini dapat membantu Anda menjadi yang tertinggi. Makanlah protein setiap kali makan dan sertakan dalam camilan Anda. Misalnya, Anda bisa makan yogurt saat sarapan, ikan tuna untuk makan siang, ayam saat makan malam, dan keju string sebagai camilan.

BACA JUGA : 5 Olahraga Ini Paling Ampuh untuk Tinggikan Badan Anak

3. Konsumsilah satu porsi susu setiap hari untuk mendukung pertumbuhan Anda

Cara Menambah Tinggi Badan dengan Cepat dan Alami

(Cara Menambah Tinggi Badan dengan Cepat dan Alami, Foto: Healthline)

Susu mengandung protein, kalsium, dan vitamin untuk menyehatkan tubuh Anda. Sementara susu adalah pilihan yang bagus, yogurt dan keju juga merupakan sumber produk susu yang bagus. Masukkan 1 porsi produk susu favorit Anda ke dalam diet harian Anda. Misalnya, minum 8 ons cairan (240 mL) susu, makan 6 ons cairan (180 mL) yogurt, atau makan sepotong atau 1 ons (28 g) keju.

4. Minum suplemen kalsium dan vitamin jika dokter Anda memperbolehkannya

Suplemen dapat membantu Anda tumbuh lebih tinggi dengan memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Kalsium dan vitamin A dan D sangat penting karena mendukung tulang yang kuat. Bicaralah dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah suplemen tepat untuk Anda.

Misalnya, Anda dapat mengonsumsi suplemen multivitamin dan kalsium setiap hari. Ingatlah bahwa vitamin tidak akan membuat Anda tumbuh lebih tinggi dari yang diizinkan oleh genetika Anda.

5. Pertahankan postur tubuh yang baik untuk menunjukkan tinggi badan Anda

Postur tubuh yang baik tidak benar-benar membuat Anda tumbuh, tetapi Anda mungkin terlihat lebih tinggi. Saat Anda berjalan, berdiri tegak dan jaga punggung tetap lurus. Selain itu, gulingkan bahu ke belakang dan miringkan dagu ke atas.

Saat Anda duduk, luruskan punggung, gulingkan bahu ke belakang, dan wajah lurus ke depan. Periksa postur Anda di cermin atau dengan memfilmkan diri Anda sendiri. Berlatihlah berdiri, berjalan, dan duduk untuk menguasai postur yang baik.

6. Berolahraga 30 menit setiap hari untuk kesehatan tulang dan otot

Cara Menambah Tinggi Badan dengan Cepat dan Alami

Anda mungkin tahu bahwa berolahraga setiap hari membantu Anda tetap sehat, tetapi itu juga dapat membantu Anda tumbuh lebih tinggi. Olahraga membangun tulang dan otot yang sehat, sehingga dapat membantu Anda mencapai ketinggian setinggi mungkin untuk Anda.

Pilih olahraga yang Anda sukai sehingga Anda dapat dengan mudah memasukkannya ke dalam hari Anda. Misalnya, berolahraga, mengikuti kelas dansa, berjalan-jalan, berlari di sekitar lingkungan Anda, atau bermain skating.

7. Dapatkan tidur malam yang baik setiap malam sehingga tubuh Anda dapat memperbaiki dirinya sendiri

Selama aktivitas harian Anda, Anda memecah otot-otot Anda, dan tubuh Anda perlu memperbaikinya sehingga Anda menjadi lebih kuat. Pastikan Anda mendapatkan jumlah tidur yang cukup sehingga tubuh Anda dapat memperbaiki dirinya sendiri dan memulihkan tingkat energi Anda.

8. Obati penyakit segera setelah Anda merasa sakit karena mereka memperlambat pertumbuhan Anda

Ketika Anda sangat sakit, tubuh Anda memfokuskan energinya untuk membuat Anda lebih baik. Ini berarti pertumbuhan Anda bisa terhambat. Jangan khawatir karena mengobati penyakit Anda akan membantu Anda mulai tumbuh lagi.

Kunjungi dokter Anda untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Jika pertumbuhan Anda melambat karena Anda sakit untuk sementara waktu, Anda masih bisa mengejar dan mencapai tinggi badan penuh jika Anda meningkatkan nutrisi dan menjaga diri sendiri.

9. Kunjungi dokter Anda jika Anda khawatir Anda lebih pendek dari rata-rata

Menjadi pendek mungkin menjadi bagian dari siapa Anda, dan itu hal yang baik! Pada saat yang sama, Anda mungkin khawatir jika semua orang di keluarga Anda lebih tinggi dari Anda. Bicaralah dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah Anda mungkin memiliki kondisi medis yang menyebabkan tinggi badan Anda lebih pendek, yang mungkin memerlukan perawatan.

Misalnya, kondisi seperti hipotiroidisme, tingkat hormon pertumbuhan yang lebih rendah, sindrom Turner, dan kondisi medis yang serius dapat menghambat pertumbuhan Anda.

10. Gunakan yoga untuk memaksimalkan tinggi badan Anda

Latihan seluruh tubuh ini dapat memperkuat otot Anda, menyelaraskan tubuh Anda, dan membantu postur Anda. Ini akan membantu Anda berdiri lebih tinggi. Anda dapat berlatih yoga dalam kenyamanan rumah Anda sendiri atau dalam pengaturan kelompok di gym atau studio setempat. Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, cari rutinitas yoga pemula di YouTube.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini