Share

5 Cara Menghilangkan Kurap Secara Alami

Komaruddin, Jurnalis · Senin 21 Februari 2022 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 21 611 2550617 5-cara-menghilangkan-kurap-secara-alami-23KZ9UtDx2.jpg Cara Menghilangkan Kurap. (Foto: Shutterstock)

CARA menghilangkan kurap secara alami sangat ditunggu bagi penderitanya. Orang yang terkena kurap biasanya tidak nyaman karena kulit diserang rasa gatal akibat adanya jamur yang dikenal dengan dermatofita.

Kulit penderita kurap biasanya terdapat ruam merah, gatal bahkan sampai ada yang bersisik. Patut diwaspadai juga, kurap ini merupakan penyakit menular. Apabila Anda berkontak dengan penderita kurpa besar kemungkinan dapat tertular.

Cuka Apel

Anda bisa mengoleskan cuka apel secara langsung tanpa dilarutkan terlebih dahulu pada area kulit yang terkena kurap menggunakan kapas. Lakukanlah langkah ini sebanyak 3 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Kunyit

Siapa sangka, salah satu bumbu dapur ini dapat mengobati penyakit kurap. Hasil penelitian pada Biomed Research International, kunyit mengandung antijamur dan antiradang yang mampu menghambat pertumbuhan jamur penyebab kurap pada kulit.

Menghilangkan Kurap

Anda dapat mencampurkan bubuk kunyit dengan air atau minyak kelapa. Kemudian, aduk campuran bahan alami tersebut sampai mengental. Gunakan ramuan ini sebagai cara mengobati kurap dengan mengoleskan salep pada kulit yang terkena kurap dan diamkan hingga mengering.

Minyak Kelapa

Kandungan zat antijamur dan antimikroba pada minyak kelapa cukup ampuh mengatasi kurap. Caranya, hangatkan minyak kelapa di atas kompor. Oleskan minyak tersebut pada kulit yang terkena kurap.

Lidah Buaya

Tanaman dengan nama latin Aloe Vera itu memiliki zat antiseptik yang dipercaya dapat menjadi obat alami dalam menghadpai masalah kurap. Anda bisa menggunakan gel dari lidah buaya ataupun salep yang mengandung lidah buaya langsung pada area kulit yang terinfeksi kurap sebanyak 3-4 kali dalam sehari.

Akar manis (licorice)

Akar manis atau licorice juga menjadi pilihan cara menghilangkan kurap dengan cepat secara alami. Akar manis adalah tanaman obat yang mengandung antimikroba, antivirus, dan antiradang. Tak heran bila akar manis sering digunakan untuk cara mengobati kurap dengan alami.

Cara menggunakan akar manis sebagai obat kurap dengan mencampurkan dan merebus 3 sendok makan bubuk akar manis dengan air.

- Ketika sudah mendidih, kecilkan api dan biarkan campuran mendidih selama 10 menit.

- Setelahnya, aduk campuran sampai menjadi kental dan gunakan sebagai salep kurap.

- Ketika campuran yang mengental sudah tidak terasa panas lagi, Anda dapat mengoleskannya pada kulit yang mengalami kurap dan didiamkan selama kurang lebih 10 menit sebanyak 2 kali sehari.

Buat yang masih penasaran cara menghilangkan kurap secara alami? Silakan coba tips di atas ya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini