Share

3 Beda Nasi Uduk dan Nasi Lemak Menurut Chef Arnold, Apa Saja?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 22 Februari 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 22 298 2551297 3-beda-nasi-uduk-dan-nasi-lemak-menurut-chef-arnold-apa-saja-otW80MvjBk.jpg Beda Nasi Uduk dan Nasi Lemak menurut Chef Arnold (Foto: YouTube/MasterChef Indonesia)

3 BEDA nasi uduk dan nasi lemak, ya hidangan ini memang berbeda meski banyak yang sering terkecoh karena mirip. Kira-kira apa ya bedanya nasi uduk dan nasi lemak?

Ketika sedang mencicipi masakan Palitho, salah seorang kontestan MasterChef Indonesia, Chef Arnold pun menjelaskan perbedaan antara nasi uduk dan nasi lemak.

Chef Arnold menjelaskan, perbedaan nasi uduk dan nasi lemak ada pada rempah yang digunakan. Juga, kondimen yang disajikan bersama nasi uduk dan nasi lemak jelas berbeda.

3 Beda Nasi Uduk dan Nasi Lemak

(3 Beda Nasi Uduk dan Nasi Lemak, Foto: MasterChef Indonesia/YouTube)

"Kalau nasi lemak itu komplit seperti ini. Lemak dari kari, dari cara masaknya, kondimennya pun juga. Kalau nasi uduk sama, nasinya doang tapi," kata Chef Arnold seperti dikutip kanal Youtube MasterChef Indonesia, Selasa (22/2/2022).

3 Beda Nasi Uduk dan Nasi Lemak

(3 Beda Nasi Uduk dan Nasi Lemak, Foto: @masterchefina/Instagram)

Ya, nasi lemak mencampur santan yang digunakan dengan jahe, kayu manis, dan daun pandan. Aroma wangi daun pandan dan kayu manis membuatnya memiliki aroma pandan tersendiri yang membuat Anda langsung tahu kalau ini adalah Nasi Lemak.

BACA JUGA : 5 Rekomendasi Tempat Makan Nasi Uduk Terlezat di Jakarta, Awas Ketagihan!

3 Beda Nasi Uduk dan Nasi Lemak

(3 Beda Nasi Uduk dan Nasi Lemak, Foto: @resepmakansedap/Instagram)

Sedangkan nasi uduk menggunakan lebih banyak jenis rempah dibandingkan dengan nasi lemak. Beberapa rempah seperti cengkeh, sereh, kayu manis, lengkuas, daun salam, pala, dan jahe menjadi rempah utama yang menghasilkan cita rasa khas nasi uduk. Hasilnya, wangi nasi uduk didominasi wangi rempah.

BACA JUGA : Chef Arnold Sewot Cicipi Kari Kambing Masakan Palitho: Kamu Gak Tahu Diri

Begitu juga dengan kondimen, nasi uduk biasa disajikan dengan semur. Sementara jika Anda menyantap hidangan nasi lemak, Anda akan menemukan bahan pendamping seperti irisan mentimun, kacang goreng, ikan bilis, ayam goreng, ikan teri, perkedel, atau telur rebus. Lauk-pauk untuk nasi lemak tersebut wajib menggunakan bumbu rendang baik itu rendang ayam atau rendang sapi.

Selain beda penyajiannya, nasi uduk dan nasi lemak juga populer di daerah yang berbeda. Nasi uduk merupakan makanan khas dari DKI Jakarta. Belum ada penjelasan pasti sejak kapan nasi uduk ada di Indonesia. Namun, nasi uduk diperkirakan masuk sejak abad ke-14 hingga ke-16 atau saat bangsa Indonesia dijajah oleh Portugis.

Sedangkan nasi lemak adalah makanan khas yang berasal dari negeri Jiran, Malaysia. Di Indonesia, Anda dapat menemukan makanan ini di sekitar Riau dan Kepulauan Riau. Selain di Malaysia dan Indonesia, Anda juga bisa mendapatkan makanan ini di Singapura dan Brunei.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini