Share

Pasien Kanker Rentan Stres, Yuk Beri Mereka Kepercayaan Diri

Tim Okezone, Okezone · Selasa 22 Februari 2022 11:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 22 612 2551026 pasien-kanker-rentan-stres-yuk-beri-mereka-kepercayaan-diri-zsl2LET066.jpg Pasien kanker diberi dukungan. (Foto: Medicaldaily)

PEJUANG kanker sering mengalami masalah kesehatan mental efek dari terapi yang didapatkannya. Seperti apa penanganannya?

Dijelaskan Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, Prof. Dr. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp.PD-KHOM, FACP, penderita kanker umumnya mengalami berbagai masalah emosional dan mental setelah mendapatkan vonis menderita kanker. Hal ini membuat keluarga dan orang terdekat harus support agar mereka berjuang melewati penyakit kanker.

"Usai didiagnosa kanker, pasien akan mengalami gangguan emosional dan mental seperti depresi, gangguan stres pascatrauma, gangguan kecemasan umum, serta gangguan emosional yang parah, ujar Prof Aru dalam acara Media Gathering World Cancer Day 2022 Kalbe Farma Nutrican.

Kanker

Memberi dukungan emosional yang kuat dan hubungan cinta dengan pasangan, teman, serta keluarga dapat memberikan dampak positif dalam hidup para pejuang kanker. Selain itu, ia juga menekankan pentingnya deteksi dini sebagai upaya untuk menurunkan serta mengendalikan faktor risiko kanker.

"Caregiver memiliki peran besar dalam membantu pasien kanker membangun kepercayaan diri agar bisa menjalalani perawatan secara maksimal dan untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik," tambah Prof Aru.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Di samping itu, pemenuhan nutrisi merupakan salah satu faktor penting yang dapat menunjang keberhasilan terapi kanker. Nutrisi yang optimal dapat menghambat terjadinya penurunan berat badan dan infeksi lebih lanjut.

โ€œPenting bagi pejuang kanker untuk mencukupi kebutuhan kalori, protein, omega-3, serta vitaminnya untuk mencegah komplikasi dari pengobatan kanker sekaligus mendukung daya tahan tubuh dalam menjalani perawatan dan pengobatan kanker,โ€ terang Pakar Gizi dr Dedyanto Henky Saputra, M.Gizi.

Banyak efek samping yang didapatkan pejuang kanker usai melakukan terapi. Disebutkan dr Dedyanto, mereka akan tak nafsu makan akibat sariawan atau masalah lain misalnya terkait kesehatan mental pejuang kanker.

"Kesulitan mengonsumsi nutrisi padat bisa diganti dengan nutrisi cair sebagai pelengkap maupun pengganti sebelum, selama, maupun sesudah menjalani terapi," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini