Share

14 Cara Mengurangi Nafsu Makan, Bantu Turunkan Berat Badan

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Selasa 22 Februari 2022 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 22 612 2551158 14-cara-mengurangi-nafsu-makan-bantu-turunkan-berat-badan-BXIcBaU1aW.jpg Menjaga Berat Badan. (Foto: Shutterstock)

ADA 14 Cara mengurangi nafsu makan akan dibahas pada artikel kali ini. Cara ini sering dicari oleh banyak orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan. Menahan nafsu makan memang tidak mudah, apalagi bagi Anda yang baru memulai diet.

Nafsu makan setiap orang tidaklah sama. Ada yang dengan mudah dapat mengontrol nafsu makannya, ada pula yang susah dalam mengontrol nafsu makan. Orang dengan metabolisme yang baik dan juga sering melakukan aktivitas fisik mungkin akan mudah gemuk apabila memiliki nafsu makan yang tinggi.

Namun sebaliknya, jika Anda memiliki nafsu makan yang tinggi namun sedikit aktivitas fisik dan metabolisme tidak baik akan membuat berat badan Anda mudah naik.

Jika hal ini terjadi terus menerus akan berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan. Lalu, bagaimana cara mengurangi nafsu makan untuk menurunkan berat badan? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Healthline dan Alodokter.

Berat Badan

Konsumsi makanan tinggi serat

Makanan dengan serat yang tinggi akan memperlancar pencernaan dan juga dapat membuat perut kenyang lebih lama. Sehingga mengonsumsi makanan dengan serat yang tinggi dapat menekan nafsu makan Anda.

Perbanyak protein

Selain serat, mengonsumsi protein juga dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga akan mengurangi porsi makan selanjutnya. Protein juga dapat membantu mencegah hilangnya otot ketika kalori berkurang untuk mengurangi berat badan.

Tidak makan dengan cara terburu-buru

Makan dengan cara perlahan baik untuk pencernaan. Tidak terburu-buru ketika makan juga akan memberikan waktu pada otak agar menangkan sinyal kenyang pada tubuh Anda. Dengan demikian asupan kalori akan terkendali.

Perbanyak air putih

Banyak mengonsumsi air putih dapat membantu Anda menekan nafsu makan. Selain itu, air putih juga dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah dehidrasi. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter per hari ya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Tidak melewatkan sarapan

Melewatkan sarapan di pagi hari akan membuat Anda makan secara berlebihan di siang hari. Tentunya hal tersebut dapat mendorong asupan kalori berlebih. Maka dari itu, dianjurkan untuk makan sarapan rutin setiap pagi.

Hindari camilan

Camilan bisa menjadi penyumbang kalori terbesar pada tubuh Anda. Jika Anda merasa lapar, sebaiknya hindari camilan. Walaupun camilan biasanya memiliki rasa yang lezat, namun camilan memiliki kandungan gula, lemak, serta kalori yang tinggi. Anda bisa mengganti camilan ini dengan buah atau yoghurt rendah lemak.

Olahraga secara teratur

Rutin berolahraga dapat mengurangi hormon yang memicu rasa lapar berlebih. Dengan aktivitas olahraga, Anda juga dapat membakar kalori dan mengendalikan rasa lapar.

Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup, terutama di malam hari akan mempermudah Anda dalam mengendalikan nafsu makan. Sebab, hormon leptin dan hormon ghrelin sebagai pengendali nafsu makan akan bekerja dengan baik.

Makan menggunakan piring kecil

Mengurangi nafsu makan bisa dilakukan dengan makan menggunakan piring yang kecil. Hal ini dapat mensugesti diri sendiri untuk tidak makan berlebih. Menurut penelitian, seseorang cenderung akan menghabiskan semua makanan yang ada di piring mereka. Jadi, menggunakan piring kecil akan membantu menekan nafsu makan.

Konsumsi jahe

Efek stimulasi yang muncul pada sistem pencernaan setelah mengonsumsi jahe dapat menekan nafsu makan Anda. Sebagai mana yang tertulis pada sebuah penelitian yang menyatakan jika mengonsumsi 2 gram jahe yang dicampur dengan air sebelum sarapan akan membantu menekan rasa lapar.

Makan cokelat hitam

Mengonsumsi coklat hitam atau dark coklat dipercaya oleh peneliti dapat menurunkan nafsu makan dan mengurangi keinginan untuk makan makanan manis. Asam stearat dalam coklat hitam juga dapat meningkatkan rasa kenyang, sehingga dapat menghindari makan secara berlebih.

Konsumsi teh hijau

Senyawa yang terkandung dalam teh hijau mampu mengaktifkan sistem saraf simpatik yang berefek pada penurunan keinginan untuk makan. Selain itu, efek lain dari mengonsumsi teh hijau adalah pembakaran lemak tubuh. Itulah mengapa teh hijau sering dikonsumsi oleh orang yang sedang diet.

Kurangi stres

Stres dapat berefek pada nafsu makan yang meningkat. Dorongan untuk makan berlebihan ini adalah karena ketika seseorang merasa stres mereka akan memproduksi hormon kortisol. Maka dari itu, dengan mengurangi stres Anda dapat menekan nafsu makan.

Konsumsi kopi

Kopi dapat meningkatkan produksi peptida YY yang apabila masuk ke usus manusia akan meningkatkan rasa kenyang. Sehingga, mengonsumsi kopi dapat membantu Anda mengurangi nafsu makan.

Sekian penjelasan dari Okezone mengenai 14 Cara Mengurangi Nafsu Makan

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini