Share

3 Beda Gelato dan Es Krim, Serupa tapi Tak Sama!

Wilda Fajriah, Okezone · Rabu 23 Februari 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 23 298 2552018 3-beda-gelato-dan-es-krim-serupa-tapi-tak-sama-0KL6oKLiVi.jpg 3 Beda Gelato dan Es Krim (Foto: Healthline)

3 BEDA gelato dan es krim akan dibahas di sini, sehingga menjadi tahu fakta-fakta unik dua dessert ini. Es krim dan gelato merupakan dessert yang banyak diburu masyarakat saat musim panas.

Es krim dan gelato sama-sama menawarkan sensasi kesegaran, menyejukkan tenggorokan karena disajikan dingin, serta sama-sama memiliki citarasa manis.

Meski terdapat banyak kesamaan, es krim dan gelato ternyata juga punya beberapa perbedaan. Melansir Healthline pada Rabu (23/2/2022), berikut adalah 3 perbedaan es krim dan gelato.

Beda asal usul

3 Beda Gelato dan Es Krim

(3 Beda Gelato dan Es Krim, Foto: Healthline)

Meskipun tidak diketahui siapa yang menemukan es krim, rendisi paling awal ditelusuri kembali ke Tiongkok kuno. Campuran susu kerbau, tepung, dan es dikatakan sebagai makanan penutup favorit Raja Tang dari Shang.

Es krim berevolusi untuk memasukkan susu dari sapi dan akhirnya kuning telur, dan itu menjadi makanan lezat yang disediakan untuk kalangan elit. Es krim, demikian sebutannya, menghiasi mangkuk pencuci mulut Charles I dan tamu-tamunya di abad ke-17.

Namun, es krim tidak menjadi makanan penutup yang populer sampai abad ke-19 ketika kemajuan teknologi dalam industri susu dan teknik pendinginan memungkinkan produsen untuk membuat dan mendistribusikannya dengan murah dan dalam jumlah besar.

Sedangkan gelato pertama kali dibuat di Italia, meskipun ada beberapa kebingungan dari mana asalnya. Beberapa percaya itu pertama kali dibuat di Sisilia sementara yang lain percaya itu berasal dari Florence.

BACA JUGA : 5 Manfaat Makan Es Krim di Pagi Hari, Bisa Redakan Gejala Flu Loh

BACA JUGA : Cara Makan Es Krim Cone ala Milenial Indonesia Viral, Bule di Australia Ketagihan!

Tekstur dan rasa

Gelato jauh lebih halus dalam tekstur dan sedikit lebih padat daripada es krim. Kepadatan ini memungkinkan gelato untuk mengemas lebih banyak rasa daripada es krim tradisional. Gelato juga biasanya mengambil rasa dari sumber alami.

Kandungan udara es krim yang biasanya lebih tinggi membuat teksturnya lembut dan ringan. Meskipun, ia memiliki lebih banyak lemak mentega daripada gelato, yang berarti mungkin tidak begitu beraroma.

Ini karena lemak mentega melapisi lidah Anda, sehingga lidah Anda perlu sedikit lebih lama untuk mendeteksi rasa es krim.

Gaya penyajian dan kegunaan

3 Beda Gelato dan Es Krim

(3 Beda Gelato dan Es Krim, Foto: Healthline)

Gelato secara tradisional disajikan sekitar 10-15 ° F (6-8 ° C) lebih hangat daripada es krim. Ini membantu rasa gelato berkembang, karena lidah Anda tidak mati rasa seperti saat makan es krim.

Disajikan menggunakan spatula datar yang disebut sekop, manuver yang membantu melunakkan makanan penutup.

Sementara itu, es krim biasanya disendok dengan sendok yang sangat bundar, dengan kandungan lemaknya yang lebih tinggi memungkinkannya dibentuk menjadi bola bulat yang kokoh.

Gelato dan es krim sama-sama mengandung banyak gula. Es krim biasanya mengandung 10-25% lemak, sedangkan gelato biasanya mengandung 4-9% lemak. Patut diingat bahwa keduanya paling baik dimakan sebagai suguhan sesekali.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini