Share

4 Cara Agar Bayi Cepat Masuk Pinggul dan Kontraksi

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Rabu 23 Februari 2022 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 23 612 2551765 4-cara-agar-bayi-cepat-masuk-pinggul-dan-kontraksi-6apKwb95zc.jpg Ibu Hamil. (Foto: Shutterstock)

CARA agar bayi cepat masuk pinggul dan kontraksi akan dibahas pada artikel kali ini. Biasanya cara ini banyak dicari oleh sebagian wanita yang tengah hamil dan sudah melewati Hari Perkiraan Lahir (HPL) yang sebelumnya sudah diprediksi oleh dokter.

Persalinan adalah proses pengeluaran bayi dari rahim seorang wanita. Pada persalinan normal biasanya bayi akan lahir pada usia kehamilan 37 - 42 minggu. Bayi yang lahir lebih awal dinamakan bayi prematur sedangkan bayi yang lahir lebih lama dari HPL dinamakan postmature.

Penelitian dari NCBI mengatakan bahwa alasan dari bayi yang mengalami postmature tidak bisa dipastikan dan sebagian beranggapan bahwa hal ini berhubungan dengan genetik.

Adapula risiko yang dapat dialami oleh bayi yang belum lahir dari tanggal HPL, salah satunya adalah fungsi plasenta yang menurun sehingga dapat menyebabkan risiko kematian pada bayi.

Maka dari itu, biasanya wanita hamil akan membuat induksi alami agar cepat kontraksi. Lalu, bagaimana cara agar bayi cepat masuk pinggul dan kontraksi? Berikut penjelasannya.

Bayi cepat masuk pinggul

Berhubungan Seksual

Menurut sebuah penelitian, salah satu cara untuk membuat bayi cepat masuk pinggul dan menyebabkan kontraksi adalah dengan melakukan hubungan seksual. Hal ini dikarenakan adanya hormon porstagladin pada sperma laki-laki dan hormon oksitosin pada perempuan ketika orgasme dapat memicu kontraksi pada rahim.

Melakukan Stimuasi Pada Puting Payudara

Selain melakukan hubungan seksual, pelepasan hormon oksitosin pada perempuan juga dapat dilakukan dengan cara stimulasi pada puting payudara. Stimulasi ini dilakukan dengan menggunakan tangan atau pompa ASI. Sebelum melakukan hal ini ada baiknya anda konsultasikan dulu dengan dokter kandungan.

Berusaha Untuk Aktif Bergerak

Berusaha untuk aktif bergerak atau berolahraga juga menjadi salah satu cara untuk memancing kontraksi. Dengan berjalan kaki atau bergerak bebas dianggap akan membuat bayi dengan cepat masuk ke pinggul.

Selain itu, karena tekanan yang meningkat akan membuat serviks melebar. Namun, anda harus melakukan olahraga ini secukupnya dan secara wajar. Tidak boleh memaksakan diri karena akan membahayakan keselamatan.

Melakukan Birth Ball

Cara ini sudah cukup umum di kalangan masyarakat Indonesia, yaitu melakukan birth ball. Birth ball adalah bola yang didesain khusus untuk ibu hamil dan memiliki ukuran cukup besar. Selain dianggap mampu mengurangi sakit pinggang dan nyeri pada persalinan, birth ball juga dianggap dapat memicu kontraksi pada ibu hamil.

Sekian penjelasan Okezone mengenai Cara Agar Bayi Cepat Masuk Pinggul Dan Kontraksi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini