Share

5 Cara Agar Bayi Cepat Tidur di Malam Hari

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Rabu 23 Februari 2022 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 23 612 2551773 5-cara-agar-bayi-cepat-tidur-di-malam-hari-PWXMCw3teu.jpg Cara Agar Bayi Cepat Tidur. (Foto: Shutterstock)

CARA agar bayi cepat tidur di malam hari biasanya sering dicari oleh para ibu muda yang baru memiliki bayi. Karena memiliki bayi yang baru lahir menjadi suatu tantangan tersendiri bagi pasangan suami istri. Jam tidur bayi menjadi salah satu tantangan utamanya.

Bayi yang baru lahir biasanya akan tidur selama kurang lebih 8 hingga 9 jam pada siang hari dan kurang dari 8 jam di malam hari. Namun, pola tidur bayi tidak seperti orang dewasa. Melansir dari Stanford Children’s Health, bayi belum bisa membuat pola tidur dan kapan harus bangun.

Maka dari itu, pada saat tidur biasanya bayi akan terbangun beberapa kali. Apalagi di malam hari. Hal ini dikarenakan bayi belum dapat membedakan antara siang dan malam.

Umumnya, bayi akan terbangun karena beberapa hal. Seperti lingkungan yang panas, tidak nyaman karena popoknya basah, atau merasa lapar. Bayi terbangun di malam hari memang membuat repot, ya. Nah, berikut cara agar bayi cepat tidur di malam hari yang dapat Anda coba di rumah, seperti dilansir dari berbagai sumber.

Bayi tidur

Memperkenalkan Siang dan Malam

Karena bayi belum bisa mengerti siang dan malam, maka hal ini perlu dikenalkan oleh kedua orang tuanya. Caranya adalah dengan mengajak bayi lebih aktif di siang hari seperti mengajak bermain, berbicara, atau senam bayi. Dengan aktivitas di siang hari, bayi akan lebih mudah tidur di malam hari.

Sedangkan pada malam hari, jangan mengajak bayi bermain. Kurangi porsi berinteraksi dengan bayi di malam hari dan buat susana kamar sunyi dengan lampu redup.

Memperhatikan Tanda Mengantuk

Dengan memperhatikan tanda mengantuk pada bayi, Anda akan dengan mudah membuat bayi tertidur. Beberapa tanda bayi yang sudah mengantuk antara lain menguap, menggosokan mata, melamun atau pandangannya terlihat jauh, dan yang paling jelas biasanya lebih rewel. Jika sudah begini, sebaiknya biarkan bayi Anda untuk tidur.

Rutinitas Agar Bayi Tidur Nyaman

Bayi dengan cepat beradaptasi dengan kebiasaan orang tuanya. Maka dari itu, biasakanlah untuk membuat rutinitas sebelum tidur agar bayi merasa nyaman. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, contohnya adalah memandikan atau mengelap badan bayi sebelum tidur lalu oleskan baby oil agar badan bayi terasa hangat. Meredupkan lampu kamar dan menyanyikan lagu untuk bayi juga dapat Anda gunakan sebagai rutinitas agar bayi mudah tidur di malam hari.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Tidak Membiasakan Bayi Tidur Sambil Menyusu

Kebiasaan ini tentunya akan memberikan dampak buruk pada waktu yang akan datang. Karena, tidak semua bayi memiliki perkembangan dan kebiasaan yang sama, salah satunya dapat dengan mudah lepas dari kebiasaan tidur sambil menyusu.

Untuk menghindari hal tersebut, lepaskan isapan bayi sebelum bayi terlelap. Anda dapat melakukan kebiasaan ini sejak dini karena pola tidur bayi biasanya terbentuk dalam waktu 4 - 6 bulan.

Tenangkan Bayi Saat Menangis

Jika bayi Anda menangis di malam hari, sebaiknya jangan langsung menyalakan lampu dan menggendongnya. Anda dapat menenangkan bayi dengan menepuk-nepuk lembut badan bayi.

Itulah penjelasan Okezone mengenai bagaimana cara agar bayi mudah tidur di malam hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini