Share

4 Cara Atasi Bayi Sungsang Tanpa Bantuan Medis

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Rabu 23 Februari 2022 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 23 612 2551816 4-cara-atasi-bayi-sungsang-tanpa-bantuan-medis-m4ctmfN4hj.jpg Cara agar Bayi Tidak Sungsang. (Foto: Shutterstock)

CARA agar bayi tidak sungsang memang banyak metode yang bisa dilakukan baik secara medis maupun alami. Kondisi bayi sungsang dapat terjadi bila bagian bawah tubuhnya, yakni pantat atau kaki berada di jalan lahir, di mana seharusnya posisi tersebut seharusnya kepala yang lebih dulu keluar.

Dalam kehamilan normal, bayi menjelang hari kelahirannya secara otomatis akan berada dalam rahim dengan posisi kepala ke bawah untuk bersiap-siap dilahirkan atau biasa disebut dengan posisi vertex.

Secara umum, bayi dengan posisi sungsang akan diatasi dengan operasi caesar. Pasalnya, dengan persalinan normal ada risiko lebih tinggi lantaran bayi terjebak di jalan lahir dan mengalami putusnya suplai oksigen melalui tali pusar.

Namun, bila orang tua bayi ingin melakukan persalinan normal dapat mengatasi posisi bayinya yang sungsang dengan cara alami, yakni gerakan-gerakan mengikuti gravitasi bumi. Lantas, gerakan apa saja yang dapat mengatasi bayi sungsang? Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini.

Cara agar Bayi tidak Sungsang

Breech tilt

Berbaringlah di atas papan keras yang cukup lebar dan kuat, seperti papan setrika. Kemudian sangga papan ke sofa atau kursi rumah yang kokoh dan tidak mudah bergeser. Sangga papan tersebut di sofa yang tingginya sekitar 30,5 cm sampai 45,7 cm.

Selanjutnya berbaring di papan tersebut dengan posisi kepala Ibu ada di bawah, dan kaki ibu ada di papan bagian atas. Mulailah dengan berbaring di atas papan dengan badan lurus, setelah posisi aman, tekuk kaki dari lurus jadi menekuk. Kaki ditekuk dengan telapak kaki menginjak papan.

Open knee chest (menungging)

Selain posisi berbaring, open knee chest atau menungging sering dilakukan untuk mengatasi bayi sungsang. Caranya sangat mudah dengan diawali posisi dada mengarah ke lantai, lutut harus menempel dengan lantai. Selanjutnya gerakkan bahu dan tangan ke depan, lutut diam di tempat.

Sebaiknya selipkan bantal tipis di bawah dada dan suami atau pendamping di belakang membantu menopang berat badan dengan kain yang kuat. Usahakan posisi lutut kanan dan kiri berjauhan, tidak menempel. Tahan posisi ini selama kurang lebih 15-30 menit.

Posisi duduk

Saat duduk di tempat yang datar, tekuk posisi lutut menempel ke arah dada, dan paha menempel di perut. Jangan terlalu memaksakan lutut hingga benar-benar menempel di dada, tekuk semampunya saja.

Posisi berlutut

Selain, berbaring, menungging, dan duduk, posisi ini dapat membantu mengatasi bayi sungsang. Caranya letakkan kedua tangan di atas paha dengan posisi berlutut di lantai. Dorong bagian panggul ke atas sehingga rahim lebih tinggi dari kepala (posisi bersujud).

Dalam posisi ini dapat bergoyang ke depan dan ke belakang secara perlahan. Lakukan dengan perlahan selama 5 hingga 15 menit. Pastikan beri alas yang nyaman agar lutut tidak langsung terkena lantai.

Demikian 4 cara yang bisa dilakukan atasi bayi sungsang dengan alami. Pastikan saat melakukan gerakan ada pendamping yang ahli agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini