Share

Cara Membuat Bumbu Urap agar Tahan Lama, Rasanya Gak Berubah!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 24 Februari 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 24 298 2552492 cara-membuat-bumbu-urap-agar-tahan-lama-rasanya-gak-berubah-TqkA7lpdEG.jpg Cara membuat bumbu urap agar tahan lama (Foto: YouTube/Dwitrias)

CARA membuat bumbu urap agar tahan lama kali ini bisa menjadi tips memasak bagi ibu-ibu di rumah. Urap sebenarnya merupakan salah satu makanan yang mudah dibuat. Namun, karena bumbu urap menggunakan kelapa, jadi rentan basi jika Anda tidak memasaknya dengan baik.

Tapi, jika cara memasak bumbunya tepat, bumbu urap ini bisa tahan bahkan 4 hari di suhu ruang tanpa berubah rasa. Wah, kira-kira gimana ya cara membuat bumbu urap menjadi tahan lama seperti itu?

Jangan khawatir, karena dirangkum dari kanal Youtube Dewi Trias pada Kamis (24/2/2022), Youtuber ini pun akan membeberkan rahasia membuat bumbu urap supaya awet alias tahan lama.

Pemilihan kelapa

Cara Membuat Bumbu Urap agar Tahan Lama

(Cara Membuat Bumbu Urap agar Tahan Lama, Foto: dewitrias/YouTube)

Dewi mengatakan, untuk membuat bumbu urap menjadi tahan lama, kuncinya adalah dengan memilih kepala yang tidak terlalu muda ataupun tua. Kelapa seperti ini akan memiliki tekstur yang bagus ketika di parut.

"Pilih kelapa yang jangan terlalu muda atau terlalu tua. Kalau dalam bahasa Jawa tuh kemetan ya," ujar Dewi.

Dewi mengatakan, kelapa dengan tingkat kematangan seperti ini teksturnya tidak menggumpal ketika di parut. Sebaliknya jika menggunakan kelapa yang muda, maka akan menempel dan menggumpal ketika disangrai.

BACA JUGA : Harga Cabai Mahal, Makanan Pedas Ternyata Bisa Bikin Panjang Umur Loh

Blender bumbu

Cara Membuat Bumbu Urap agar Tahan Lama

(Cara Membuat Bumbu Urap agar Tahan Lama, Foto: dewitrias/YouTube)

Selain kelapa, untuk membuat bumbu urap pun diperlukan bahan lainnya. Seperti bawang putih, cabai, kencur, gula merah, dan daun jeruk. Alih-alih di ulek, Dewi pun memilih untuk mencampurkan bahan-bahan tersebut dengan cara di blender.

"Jangan lupa buang tulang daun jeruknya agar tidak pahit," kata Dewi.

BACA JUGA : Resep Urap Sayuran Praktis & Lezat

Gunakan teknik pengapian saat memasak

Cara Membuat Bumbu Urap agar Tahan Lama

(Cara Membuat Bumbu Urap agar Tahan Lama, Foto: dewitrias/YouTube)

Setelah bumbu di blender dan menjadi halus. Dewi pun meletakkan kelapa parut di atas penggorengan dan mencampurkannya dengan bumbu. Supaya tidak gosong saat disangrai sehingga membuat bumbu lebih tahan lama, Dewi memasaknya menggunakan teknik pengapian saat memasak.

"Di awal kita pakai api sedang, saat kadar air mulai hilang, kecilkan api agar tidak mudah gosong," ujar Dewi.

Perhatikan tekstur bumbu

Cara Membuat Bumbu Urap agar Tahan Lama

(Cara Membuat Bumbu Urap agar Tahan Lama, Foto: dewitrias/YouTube)

Setelah 20 menit kelapa disangrai, Dewi memberitahu bagaimana cara mengetahui bahwa tekstur kelapa sudah bagus dan siap untuk disimpan berhari-hari. Ia mengatakan, bumbu urap bisa tahan lama jika kelapa sudah tidak menggumpal, kadar air berkurang, namun kelapa juga tidak terlalu kering sehingga rasanya pun gurih.

"Dengan tekstur seperti ini, bumbu urap bisa tahan hingga 4 hari di suhu ruang dan jika dimasukkan kulkas yang non freezer bisa tahan hingga satu bulan dan nggak berubah rasanya," tukas Dewi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini