Share

4 Cara Alami Menghilangkan Ketombe, Gampang Dicari Kok

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Kamis 24 Februari 2022 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 24 611 2552277 4-bahan-alami-menghilangkan-ketombe-gampang-dicari-kok-iDHenS5TTl.jpg Cara Mengatasi Ketombe. (Foto: Shutterstock)

CARA alami menghilangkan ketombe memang menjadi pilihan bagi sebagian orang. Ketombe termasuk salah satu masalah pada rambut dan kulit kepala yang cukup umum terjadi. Ketombe sendiri bisa lebih sering muncul pada orang yang jarang keramas atau kurang menjaga kebersihan rambutnya.

Tak hanya itu, munculnya ketombe juga bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari produksi minyak atau sebum berlebih di kulit kepala, stres, perubahan hormon, hingga penyakit tertentu, seperti infeksi jamur di kulit kepala, psoriasis, dan dermatitis seboroik.

Selain menyebabkan rasa gatal, ketombe jug menyebabkan rasa kurang percaya diri. Untuk itu, banyak cara dilakukan demi ketombe berkurang baik dengan bahan alami maupun resep dari dokter. Bagi, kamu yang juga merasakan masalah ketombe. Tak usah risau, cobalah 4 bahan alami yang mampu menghilangkan ketombe berikut ini.

Minyak kelapa

Sebagai salah satu bahan alami yang sudah lama digunakan secara tradisional, minyak kelapa kerap digunakan untuk menghilangkan ketombe. Jenis minyak ini dapat melembabkan kulit kepala dan rambut serta mencegah kulit kepala kering dan mengelupas.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk mengatasi ketombe cukup mudah. Yakni, dengan mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala, kemudian pijat secara perlahan dan diamkan selama 15 hingga 20 menit. Selain dapat menghilangkan ketombe, minyak kelapa juga baik untuk menghaluskan dan menyuburkan rambut.

Menghilangkan Ketombe

Soda kue

Bahan dapur satu ini juga kerap digunakan sebagai bahan kecantikan. Soda kue dapat digunakan untuk mengurangi gatal-gatal dan mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit kepala. Bahan ini juga dapat membasmi jamur penyebab munculnya ketombe.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, taburkan soda kue secukupnya ke rambut yang basah secara merata, kemudian diamkan selama 1 hingga 2 menit sebelum keramas.

Lidah buaya

Bahan alami yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan ini kerap menjadi pilihan. Kandungan anti radang dan anti jamur pada lidah buaya diketahui dapat mengatasi peradangan di kulit kepala yang menjadi penyebab munculnya ketombe.

Untuk menghilangkan ketombe, kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya atau lidah buaya segar yang telah dihaluskan ke kulit kepala, lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam. Gunakan lidah buaya secara rutin selama beberapa minggu untuk mendapatkan hasilnya.

Cuka apel

Siapa yang tak tahu bahan satu ini? Zat asam pada cuka apel dapat mengangkat sel kulit mati di kepala yang merupakan penyebab munculnya ketombe. Cuka apel juga dapat menyeimbangkan tingkat keasaman atau pH kulit kepala sehingga mampu mengurangi dan menghambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

Untuk menggunakan cuka apel sebagai antiketombe, kamu perlu mencampurkan setengah gelas cuka apel dengan 1 gelas air, lalu oleskan di kulit kepala secara merata. Setelah itu, tunggu selama 15 menit dan cuci rambut hingga bersih.

Itulah 4 bahan alami dan cara menggunakannya untuk mengatasi ketombe. Mudah bukan? Pastikan saat menggunakan bahan tersebut, kamu tidak memiliki alergi terhadap bahan-bahan alami itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini