Share

5 Cara Alami Menurunkan Darah Tinggi Tanpa Banyak Biaya

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Kamis 24 Februari 2022 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 24 612 2552323 cara-mudah-turunkan-darah-tinggi-secara-alami-ng3adJLShN.jpg Menurunkan Darah Tinggi. (Foto: Shutterstock)

CARA alami menurunkan darah tinggi memang beragam. Darah tinggi atau kerap disebut hipertensi adalah tekanan darah yang meningkat hingga lebih dari 130/80 mmhg.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami tekanan darah tinggi, antara lain: usia lanjut, faktor keturunan atau memiliki keluarga kandung dengan riwayat tekanan darah tinggi, jarang berolahraga atau memiliki berat badan berlebih (obesitas), dan sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat, termasuk banyak mengonsumsi garam.

Adapula penyebab lain tekanan darah naik karena penyakit tertentu, seperti diabetes, penyakit ginjal, gangguan tiroid, dan apnea tidur. Untuk itu, mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dapat mempengaruhi menurunkan tekanan darah.

Lantas, bagaimana cara mudah menurunkan darah tinggi secara alami? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Mengurangi berat badan

Kelebihan berat badan kerap menjadi kunci masalah kesehatan. Kelebihan berat badan dapat membuat jantung bekerja lebih keras dan mengakibatkan hipertensi. Oleh sebab itu, memangkas berat tubuh adalah salah satu cara efektif untuk mengendalikan dan menurunkan tekanan darah.

Darah Tinggi

Menjalani pola makan sehat

Mengonsumsi makanan sehat, seperti biji-bijian utuh, buah-buahan, sayuran, dan produk olahan susu rendah lemak, serta mengurangi asupan lemak jenuh dan kolesterol, dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, konsumsi pula makanan yang mengandung kalium, seperti pisang, kentang, jeruk, wortel, anggur, dan bayam. Hal ini karena kalium merupakan salah satu nutrisi yang mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Rekomendasi asupan kalium yang perlu dicukupi adalah sekitar 4.500 hingga 4.700 mg per hari.

Membatasi konsumsi garam

Sodium (natrium) banyak terkandung dalam garam, baik itu garam pada masakan, camilan, makanan kaleng, maupun minuman ringan. Jika jumlah sodium di dalam tubuh berlebihan, tekanan darah pun akan meningkat.

Maka dari itu, penderita hipertensi dianjurkan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung garam atau menjalani diet rendah garam. Perlu diketahui konsumsi sodium bagi orang dewasa sebanyak 1.500–2.000 mg per hari.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Rutin berolahraga

Olahraga selain untuk menjaga imun tubuh juga untuk menjaga tekanan darah. Umumnya, olahraga yang disarankan untuk mengurangi tekanan darah adalah olahraga yang dilakukan selama 30 hingga 60 menit, sebanyak 3 hingga 5 kali dalam seminggu. Beberapa olahraga yang baik untuk menurunkan tekanan darah adalah jalan kaki, jogging, bersepeda, senam, dan berenang.

Mengurangi stres

Stres yang berkepanjangan dapat meningkatkan tekanan darah tubuh. Maka sebab itu, disarankan untuk dapat mengendalikan stres agar tekanan darah tinggi ikut turun. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres, yakni melakukan relaksasi, yoga, meditasi, atau kegiatan yang disukai.

Demikian cara alami yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah. Pastikan untuk menjaga kesehatan dan gaya hidup sehat agar tekanan darah tetap terjaga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini