Share

Cara Olah Ikan Asin Supaya Krispi dan Awet, Dicoba Yuk Bunda!

Wilda Fajriah, Okezone · Jum'at 25 Februari 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 25 298 2553132 cara-olah-ikan-asin-supaya-krispi-dan-awet-dicoba-yuk-bunda-tPfVZIqceT.jpg Cara olah ikan asin (Foto: YouTube/Mak Ros)

CARA olah ikan asin yang akan dibahas dalam artikel ini bisa menjadi inspirasi tips memasak. Ikan asin memang merupakan salah satu makanan yang digemari masyarakat Indonesia.

Bagaimana tidak, ikan asin memiliki rasa yang gurih sehingga siapapun yang mencicipinya pasti menginginkannya lagi, dan lagi. Namun, masalah sering muncul ketika mengolah ikan asin adalah hasilnya yang keras serta tidak krispi.

Karenanya, berikut MNC Portal berikan tips cara mengolah ikan asin supaya lebih krispi dan awet, sebagaimana dirangkum dari kanal Youtube Mak Ros pada Jumat (25/2/2022).

Rendam air panas

Cara Olah Ikan Asin

(Cara Olah Ikan Asin, Foto: YouTube/Mak Ros)

Ketika baru saja membeli ikan asin, jangan langsung dicuci menggunakan air biasa. Akan tetapi, Mak Ros memberikan tips supaya Anda merendamnya terlebih dahulu menggunakan air panas selama kurang lebih 5 menit.

BACA JUGA : Via Vallen Ternyata Jago Masak, Ikan Asin Masakannya Menggoda Banget!

Beri tepung terigu

Cara Olah Ikan Asin

Supaya ikan asin terasa lebih krispi setelah digoreng, Anda harus menambahkan tepung terigu. Enggak usah banyak-banyak, cukup 10 sendok makan saja kok.

BACA JUGA : Resep Masakan Rumahan Ternikmat, Sambal Ikan Asin Super Pedas

Tetap gunakan penyedap rasa

Meski pada dasarnya ikan asin sudah memiliki citarasa yang asin, namun Anda harus tetap menambahkan penyedap rasa supaya ikan asin tersebut terasa gurih saat disantap.

Teknik penggorengan

Cara Olah Ikan Asin

(Cara Olah Ikan Asin, Foto: YouTube/Mak Ros)

Mak Ros mengatakan, untuk membuat ikan asin terasa krispi dan awet, hanya goreng ikan setelah minyak panas. Kemudian, goreng ikan sampai agak kekuningan saja. Karena nantinya ikan asin ini butuh digoreng dua kali.

Untuk penggorengan kedua, usahakan agar menggunakan minyak yang baru supaya hasilnya bisa krispi. Untuk gorengan kedua, Anda bisa menggorengnya hingga kuning keemasan, tapi jangan sampai gosong. Mak Ros mengatakan, jika ikan asinnya disimpan di toples, maka bisa tahan hingga seminggu lebih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini