Share

Mau Suntik Booster Vitamin C saat Isoman, Berbahayakah?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 26 Februari 2022 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 25 481 2553262 mau-suntik-booster-vitamin-c-saat-isoman-berbahayakah-uaU3CEJDdB.jpg Suntik vitamin C untuk booster tidak diperbolehkan saat isoman (Foto: Timesofindia)

PASIEN Covid-19 bergejala ringan atau OTG diminta pemerintah untuk tidak dirawat di rumah sakit. Mereka cukup menjalani pengobatan dan memastikan lakukan isolasi mandiri (Isoman) di rumah.

Di saat pengobatan, penting untuk Anda yang sedang sakit mendapatkan asupan vitamin yang cukup. Jika merasa vitamin dari asupan makanan kurang, maka Anda boleh mendapatkan vitamin dari suplemen.

Vitamin C

Tapi, apakah boleh diri sendiri menyuntikkan booster vitamin C saat menjalani isoman? "Suntik vitamin sendiri sangat tidak direkomendasikan. Itu berbahaya," kata Pakar Kesehatan dari Kalbe, dr Esther Kristiningrum, dalam keterangan resminya, Jumat (25/2/2022).

Kenapa berbahaya? Dijelaskan dr Esther, karena tindakan injeksi hanya boleh dilakukan oleh tenaga kesehatan yang sudah bersertifikasi. Jadi, orang awam sangat tidak disarankan untuk suntik vitamin C sendiri.

BACA JUGA : Konsumsi Vitamin C demi Imunitas Tubuh, Jangan Lupa Perhatikan Lambung

Perlu Anda ketahui bahwa suntik vitamin pada dasarnya tidak menimbulkan efek samping jika dosisnya tepat dan sesuai anjuran dokter. Itu juga berlaku jika Anda mengonsumsi vitamin secara oral atau diminum.

"Baik suntik maupun oral, kalau dosisnya berlebihan, ya, akan tidak bermanfaat di tubuh. Makanya harus sesuai dengan anjuran dokter dan disesuaikan dengan kebutuhan tubuh," terangnya.

BACA JUGA : 3 Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh yang Didapat dari Makanan

Dokter Esther juga menyarankan agar Anda yang mendapatkan suntikan vitamin C misalnya, setelahnya agar mengonsumsi air mineral yang cukup.

"Ini penting agar vitamin yang larut dalam air seperti C dan B bisa dikeluarkan melalui ginjal dengan lancar," tambahnya. (hel)

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini