Share

Tips Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok, Berikut 13 Bahannya

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Jum'at 25 Februari 2022 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 25 611 2552943 tips-cara-alami-mengatasi-rambut-rontok-berikut-13-bahannya-tEQbFxxi2r.jpg Cara Mengatasi Rambut Rontok. (Foto: Shutterstock)

CARA alami mengatasi rambut rontok sering dicari oleh banyak orang. Baik itu perempuan maupun laki-laki, memiliki rambut rontok menjadi masalah tersendiri. Tidak hanya mengganggu kenyamanan, tapi juga dapat mengurangi rasa percaya diri.

Masalah rambut rontok dapat terjadi karena beberapa hal. Seperti kekurangan gizi, hormon pada tubuh yang berubah, efek samping dari obat-obatan yang sedang dikonsumsi, stres, faktor usia, hingga kebiasaan buruk yang sering dilakukan juga dapat menjadi pemicu rambut rontok.

Lalu, bagaimana cara alami mengatasi rambut rontok? Okezone akan memberikan 13 bahan alami yang dapat anda gunakan untuk mengatasi rambut rontok.

Kemiri

Menurut buku Hair Loss Natural Treatment karya Green Angelica, kemiri dipercaya dapat membuat akar rambut menjadi lebih kuat dan juga dapat merangsang pertumbuhan rambut baru. Sehingga rambut anda akan menjadi lebih sehat.

Untuk menggunakan kemiri pada rambut anda, anda harus menumbuk kemiri lalu sangrai kemiri hingga keluar minyak. Nah, minyak tersebut dapat anda oleskan pada kulit kepala anda dan tunggu beberapa saat setelah itu bilas hingga bersih.

Daun Ashitba

Daun Ashitba yang memiliki bentuk mirip seledri ini berasal dari Jepang. Daun ini memiliki banyak manfaat. Sebagaimana dijelaskan oleh dr. Okuyama dari “Tokyo Meiji Universitu of Pharmacy” bahwa daun ini dapat mengobati penyakit hati, kanker paru, kanker kulit, hingga glukoma. Selain itu, daun ini juga dipercaya dapat menjadi obat penumbuh rambut.

Mengatasi Rambut Rontok

Madu

Madu dikenal memiliki segudang manfaat baik untuk tubuh kita. Salah satu kandungan yang ada di dalam madu adalah folikel. Zat ini dinilai mampu mencegah rambut rontok.

Penelitian dari “Journal Cosmetology Dermatol” juga menjelaskan bahwa madu memiliki banyak antioksidan, asam amino, dan juga protein yang sangat baik untuk kulit kepala. Tidak heran jika banyak produk kecantikan dan perawatan rambut menggunakan madu sebagai salah satu campurannya.

Apel

Apel memiliki senyawa biotin dan procyanidin B-2 yang memiliki fungsi sebagai pengikat protein dan memicu pertumbuhan rambut. Tak hanya itu, apel juga dapat menguatkan akar rambut hingga mencegah kerontokan rambut.

Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan senyawa antioksidan seperti flavanoid, fenolm dan saponin yang sangat baik untuk kesehatan rambut. Senyawa tersebut juga dapat merangsang pertumbuhan rambut, mencegah rontok, dan juga mengatasi rambut rusak. Selain itu, lidah buaya juga daoat mengembalikan warna rambut. Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya pada kulit kepala anda, tunggu beberapa saat lalu dibilas.

Alpukat

Alpukat mengandung protein alami yang bagus untuk rambut dan kulit kepala anda. Anda dapat memanfaatkan alpukat menjadi masker rambut. Caranya, anda harus menghancurkan alpukat hingga kental lalu oleskan pada rambut secara merata. Setelah beberapa saat bilas rambut anda hingga bersih.

 

Minyak Kelapa

Mengutip dair Health Line, minyak kelapa memiliki zar asam lemak yang dapat mengurangi hilangnya protein pada rambut. Anda dapat menggunakan minyak kelapa sesudah atau sebelum keramas. Untuk anda yang memiliki rambut berminyak, gunakan minyak kelapa sebelum keramas.

Jika rambut anda adalah tipikal rambut kering, anda dapat mengoleskan minyak ini tanpa dibilas. Namun, jangan menggunakan secara berlebihan agar rambut anda tidak terlihat lepek.

Minyak Zaitun

Kandungan yang terdapat pada minyak zaitun antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, zat besi dan juga kalsium. Zat tersebut sangat bagus untuk kesehatan rambut anda. Anda dapat mengoleskan minyak zaitun ke kulit kepala hingga merata, lalu pijat dengan lembut. Diamkan beberapa saat lalu bilas hingga bersih.

Teh Hijau dan Seledri

Dalam dua bahan tersebut terkandung banyak senyawa serta vitamin yang berguna bagi rambut anda. Cara menggunakan campuran teh hijau dan seledri adalah dengan cara menyeduhnya secara bersamaan, lalu oleskan air seduhan pada kulit kepala anda, tunggu beberapa saat lalu bilas hingga bersih.

Yoghurt

Tidak hanya baik untuk pencernaan, yoghurt juga baik untuk kesehatan rambut anda. Yoghurt memiliki kandungan kalsium, vitamin D, kalium, dan juga protein yang dapat menutrisi dan membuat akar rambut anda menjadi kuat.

 

Akar Licorice

Akar licorine dapat merawat rambut rontok dan juga kerusakan pada rambut lain seperti, rambut kering dan berketombe. Cara menggunakan akar licorine adalah dengan membuatnya menjadi pasta lalu oleskan pada kulit kepala dan juga rambut. Tunggu semalaman lalu bilas pada keesokan harinya.

Bawang Merah dan Bawang Putih

Menurut penelitian, mengoleskan bawang merah dan bawang putih secara rutin dapat mencegah terjadinya rambut rontok. Anda dapat menjadikan kedua bawang ini menjadi jus sebelum diaplikasikan pada rambut anda. Pastikan anda tahan dengan baunya sebelum menggunakan kedua bahan ini.

Minyak Rosemary

Salah satu minyak esensial ini dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan juga mengurangi rambut rontok. Selain itu juga dapat mengobati alopecia androgenetik dan juga merangsang pertumbuhan rambut. Cara menggunakannya cukup dengan beberapa tetes minyak lalu pijatkan ke rambut dan kulit kepala. Tunggu beberapa saat sebelum dibilas.

Demikian penjelasan Okezone mengenai cara alami mengatasi rambut rontok.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini