Share

12 Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Jum'at 25 Februari 2022 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 25 611 2553007 12-cara-alami-menghilangkan-karang-gigi-IM3k8Tt05J.jpg Cara Menghilangkan Karang Gigi. (Foto: Shutterstock)

CARA alami menghilangkan karang gigi dapat Anda lakukan di rumah. Karang gigi merupakan salah satu masalah pada gigi yang sering diabaikan. Padahal jika dibiarkan akan menyebabkan kerusakan gigi yang lebih parah lagi.

Penyebab karang gigi adalah perkembangan plak pada gigi yang dihasilkan oleh makanan serta minuman yang mengandung karbohidrat. Contohnya adalah nasi, susu, gula,kue, dan lain-lain. Bakteri dari makanan dan minuman tersebut akan hidup dan berkembang biak lalu menghasilkan asam di mulut. Jika dibiarkan akan merusak enamel gigi.

Cara menghilangkan karang gigi dapat Anda lakukan dengan treatmen ke dokter gigi. Namun, tentunya akan mengeluarkan banyak biaya. Lantas, bagaimana cara alami menghilangkan karang gigi yang dapat dilakukan di rumah? Berikut Okezone jelaskan untuk anda.

Rajin sikat gigi

Menyikat gigi dengan teratur yaitu 2 kali dalam sehari akan membantu Anda menghilangkan karang gigi. Selain itu, menyikat gigi secara teratur juga memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan mulut anda. Menurut sebuah penelitian, Anda disarankan untuk menyikat gigi selama 2 menit, 30 detik untuk setiap bagian dan dilakukan dengan cara pelan.

Perhatikan cara menyikat gigi

Cara yang benar dalam menyikat gigi adalah dengan gerakan memutar dari atas ke bawah. Anda dapat memulainya dari gigi geraham dan pastikan Anda menyikatnya tidak terlalu keras serta tidak menekan gigi. Karena jika demikian akan merusak lapisan enamel pada gigi.

Karang gigi

Menggunakan benang

Untuk membersihkan sela-sela gigi, Anda dapat menggunakan benang khusus atau dental floss. Membersihkan sela-sela gigi dapat mengurangi plak, karena kebanyakan plak pada gigi ditemukan pada sela-selanya. Penggunaan dental floss juga dianggap lebih efektif membersihkan sela gigi daripada bulu sikat. Selain itu, menggunakan dental floss juga dapat mengurangi penyakit bau mulut.

Manfaatkan baking soda

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan alternatif lain untuk membersihkan karang gigi. Yaitu dengan menggunakan baking soda. Soda kue atau baking soda dianggap mampu menghilangkan plak di gigi tanpa merusak enimel dan mencegah kerusakan gigi.

Bersihkan lidah

Membersihkan lidah dapat mengurangi bakteri yang ada di dalam mulut. Caranya adalah dengan menyikat lidah dengan alat khusus. Caranya adalah dengan menggosokan alat tersebut dari pangkal lidah hingga ujung lidah. Jangan luoa bagian samping lidah. Setelah itu, kumur dengan air bersih.

Gunakan pasta gigi yang tepat

Pilihlah pasta gigi yang mengandung flouride. Karena flouride dapat membantu membersihkan kotoran atau plak yang menjadi penyebab karang gigi. Selain itu, flouride juga dapat melindungi dan menjaga agar permukaan gigi tidak rusak.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Gunakan obat kumur

Obat kumur atau mouthwash memiliki berbagai varian, pastikan Anda memilih varian khusus untuk menghilangkan karang gigi. Selain dapat menjaga kesehatan mulut dan gigi, mouthwash juga dapat menghindarkan Anda dari bau mulut. Sebaiknya gunakan obat kumur setelah menyikat gigi dan pilih obat kumur yang tidak mengandung alkohol agar mulut tidak kering.

Konsumsi air putih

Mengonsumsi air putih bukan hanya membuat badan Anda terhindar dari dehidrasi, namun juga menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan produksi air liur pada mulut. Air liur berfungsi sebagai penjaga kelembaban mulut dan meluruhkan plak di permukaan gigi.

Kurangi makan dan minum yang manis

Penyebab karang gigi salah satunya adalah terlalu banyak mengonsumsi gula. Maka dari itu lebih baik Anda menghindari makanan dan juga minuman yang manis dan lebih banyak mengonsumsi air putih.

Berhenti merokok

Merokok tidak hanya berdampak buruk bagi paru-paru, namun juga pada gigi anda. Karang gigi dengan noda cokelat kehitaman adalah salah satu contoh dampak buruk rokok pada gigi anda. Karang gigi yang muncul karena merokok lebih susah dihilangkan daripada karang gigi yang disebabkan oleh sisa makanan. Jadi, lebih baik Anda berhenti merokok sebelum karang gigi bertambah banyak.

Konsumsi buah dengan vitamin C

Buah dengan kandungan vitamin C bisa dijadikan sebagai alternatif untuk menghilangkan karang gigi. Caranya adalah dengan membuat buah-buahan ini sebagai pasta gigi lalu gosoklah gigi Anda dengan benar.

Daun sirih

Daun sirih sudah dikenal sejak dulu sebagai bahan alami yang menjaga kesehatan gigi dan mulut. Cara menggunakannya adalah dengan mengunyah daun sirih secara langsung.

Itulah penjelasan Okezone mengenai Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini