Share

Aksi Nyata Paling Berkesan Miss Indonesia Carla Yules di Miss World 2021

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Jum'at 25 Februari 2022 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 25 612 2552719 aksi-nyata-paling-berkesan-miss-indonesia-carla-yules-di-miss-world-2021-KDvWuTPPV5.jpg Carla Yules Miss Indonesia 2020 (Foto: Sukardi/MPI)

MISS Indonesia 2020 Carla Yules melakukan banyak aksi nyata selama menyandang sebagai Miss Indonesia dua periode. Carla sadar betul bahwa Miss Indonesia bukan sekadar ajang kecantikan semata, tetapi juga melakukan aksi nyata untuk Indonesia.

Dari sekian banyaknya proyek sosial Miss World, ada satu yang paling berkesan bagi Carla Yules, yaitu Beauty With the Purpose (BWAP). Berlokasi di kampung di Ciwalen, Bogor, proyek itu bertujuan membangun turbin pembangkit tenaga listrik di sana. Pasalnya, warga setempat hanya mengandalkan satu turbin selama 20 tahun lebih, itu pun dalam kondisi tidak layak.

Melalui program BWAP, Carla dan tim sukses membuat lampu-lampu di Desa Ciwalen menyala sekaligus terhubung secara online dengan seluruh dunia. Ini merupakan momen kali pertama desa setempat kembali hidup setelah dua puluh tahun lamanya.

Carla Yules

"Hanya mengandalkan satu turbin, dan dalam keadaan rusak. Turbin rusak, tidak ada listrik. Jadi kita bongkar, kita renovasi ulang, terus turbin yang lama masih bekerja. Jadi sekarang ada dua turbin. Turbin yang lama masih bisa dipake," terang Miss Indonesia 2020 Carla Yules dalam acara Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia, Kamis (24/2/2022).

BACA JUGA : Tips Miss Indonesia Carla Yules Jaga Kesehatan Mental dan Fisik

BACA JUGA : Carla Yules Takjub dengan Menu Makanan di Karantina Miss World 2021, Out of The Box!

Selain membangun turbin, Miss Indonesia 2020 Carla Yules juga memberikan edukasi kesehatan di era pandemi ini, yaitu dengan memberi vaksinasi 1 dan 2 kepada seluruh warga sekitar. Ya, tak hanya kampung Ciwalen saja, tetapi juga ke desa Malasari. Totalnya, ada sekitar 500 warga yang berhasil mendapat vaksin Covid-19. Ini tentu menjadi kebanggan tersendiri bagi Carla.

"Kita datangkan juga tim seluruh dari MNC Peduli datang ke desa Malasari. Salah satu desa cakupan dari kampung Ciwalen. Jadi kita berhasil vaksin bisa dibilang ada 500 kepala. Vaksin Covid-19," kata Carla.

Tak berhenti di sana, Carla Yules juga memberi edukasi terkait pentingnya sanitasi. Lewat program BWAP nya, Carla dan tim bekerja untuk mengentaskan keraguan akan keamanan vaksin Covid-19 di kalangan penduduk desa.

Di samping itu, Carla juga mengedukasi warga setempat terkait cara mengelola perkebunan dengan baik. Dengan begitu, warga kampung Ciwalen pun menjadi lebih produktif ke depannya. Ilmu ini tentu akan sangat berguna sepanjang masa.

"Kemudian juga membantu masyarakat kampung ciwalen mengedukasi lebih mereka memanfaatkan hasil perkebunan mereka terbaik. Setelah itu kita olah bisa dijual ke pasar tradisional," tutur Carla.

Proyek Beauty with a Purpose sendiri diketahui sudah berjalan selama lima puluh tahun dan diperkenalkan oleh CEO Miss World, Julia Morley. Proyek ini diciptakan sebagai platform bagi negara-negara di seluruh dunia untuk bersatu dan mengerjakan puluhan ribu proyek sosial di bidang kemanusiaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini