Share

Gelisah Bikin Susah Tidur, Begini Cara Mengatasinya

Antara, Jurnalis · Jum'at 25 Februari 2022 15:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 25 612 2553095 gelisah-bikin-susah-tidur-begini-cara-mengatasinya-yARN5vcGAb.jpg Gelisah bikin susah tidur (Foto: CTV news)

MERASA gelisah kadang membuat kita terus terjaga dan susah tidur. Sebab pikiran melayang-layang memikirkan apa yang belum terjadi.

Nah, berikut ini cara mudah untuk membantu Anda tidur ketika gelisah seperti dilansir dari The Guardian. Apa saja?

 hindari main ponsel

1. Hindari melihat ponsel sebelum tidur

Cobalah untuk menghindari ponsel untuk membaca berita atau media sosial sebelum tidur. Cahaya lampu dari ponsel pintar dapat menghilangkan rasa kantuk dan juga mempersulit tidur.

2. Kosongkan pikiran

Jika Anda berniat untuk menonton televisi, tontonlah acara hiburan sebagai distraksi. Ahli spesialis tidur Katie Fischer menyarankan, bila Anda merasa gelisah maka tuangkanlah pikiran Anda dalam bentuk tulisan tangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menuliskan isi pikiran dapat meringankan beban stres dan kekhawatiran.

3. Jauhi tempat tidur ketika terjaga

Jika merasa sulit tidur, jangan terus berbaring di tempat tidur karena pikiran akan mengasosiasikan tempat tidur dengan perasaan terjaga. Jadi ketika Anda merasa sulit untuk tidur, pindahlah dulu ke sofa atau tempat lain, kemudian ketika mulai mengantuk barulah pindahkan diri ke tempat tidur.

4. Lakukan latihan pernafasan

Ketika seseorang memiliki gaya hidup yang sibuk dan serba cepat, itu dapat menyebabkan pernafasan menjadi dangkal dan detak jantung menjadi lebih cepat. Cobalah latihan pernafasan dimana Anda berlatih bernafas secara sadar dengan perlahan. Tarik nafas selama empat hingga enam detik, kemudian tahan beberapa saat dan lepaskan secara perlahan. Lakukan selama sekitar 10 menit sebelum tidur.

 BACA JUGA: Anak Susah Tidur saat Malam Hari, Mungkin Ini Penyebabnya

5. Cari kegiatan

Resep terbaik untuk tidur ialah rasa lelah setelah beraktivitas seharian, namun kondisi pandemi saat ini menyebabkan banyak orang kehilangan aktivitas sehari-harinya. Untuk mengatasinya, lakukanlah rutinitas yang biasa dilakukan seperti tidur, makan dan bekerjalah di waktu normal Anda beraktivitas. Hal ini bisa membuat Anda sibuk dan kemudian tertidur setelah merasa lelah.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini