Share

Jangan Dibuang, Botol Plastik Ternyata Bisa Jadi Kasur Berkualitas Lho!

Muhammad Sukardi, Okezone · Jum'at 25 Februari 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 25 612 2553108 jangan-dibuang-sampah-botol-plastik-ternyata-bisa-jadi-kasur-berkualitas-lho-QdPlaSxoMq.jpg Sampah botol plastik bisa didaur ulang jadi kasur (Foto: CNBC)

UPAYA manusia di era modern saat ini untuk melebur botol plastik terus berkembang. Jika selama ini Anda hanya tahu plastik daur ulang diubah menjadi barang rumah tangga biasa atau produk fashion, siapa sangka sekarang limbah plastik bisa jadi kasur.

Ya, botol plastik yang setiap harinya ada itu terus diolah menjadi barang berdaya guna. Kasur menjadi terobosan yang cukup unik dalam pengolahan botol plastik daur ulang.

Botol Plastik

"Jadi, botol plastik yang didaur ulang kini bisa menjadi helaian benang yang halus menyerupai benang cotton alami yang disebut Recycle Polyester Yarn," kata Muljadi Budiman, selaku Komisaris Utama PT Alga Jaya Raya keterangan resminya, Jumat (25/2/2022).

Recycle Polyester Yarn itu sendiri tercipta dari proses pendaur ulangan plastik yang tak jauh berbeda dari yang kita sudah tahu sebelumnya.

BACA JUGA : Kenali 7 Sampah Plastik yang Bisa Didaur Ulang

kasur

Jadi, dimulai dengan pengumpulan botol plastik bekas pakai di seluruh dunia, kemudian dicuci, dicincang, dan dilebur untuk membentuk kepingan.

BACA JUGA : Solusi Paling Baik untuk Limbah Plastik Hanya Daur Ulang

Nah, dari kepingan itulah yang akhirnya diekstruksi dan menciptakan benang berkualitas tinggi dengan memberikan efek breathable yang baik. Kain daur ulang yang diberi nama EVERLIFE itu merupakan hasil kolaborasi dari 2 produsen, LAVA TEXTILE sebagai perusahaan kain dari Belgia dan REPREVE sebagai brand penghasil benang serat daur ulang.

Dalam proses penciptaan matras kasur, Muljadi menjelaskan bahwa untuk ukuran matras 180 x 200 memerlukan kurang lebih 47 botol plastik bekas pakai.

"Upaya ini diharapkan dapat perlahan menyelamatkan bumi tercinta dari pencemaran lingkungan dan limbah plastik," terang Muljadi Budiman.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini