Share

4 Cara Memilih Ikan Asin yang Baik saat Beli di Pasar

Helmi Ade Saputra, Okezone · Senin 28 Februari 2022 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 28 298 2554146 4-cara-memilih-ikan-asin-yang-baik-saat-beli-di-pasar-9cIvgWGgKd.jpg Cara memilih ikan asin yang baik (Foto: Pixabay)

CARA memilih ikan asin yang baik dalam artikel ini penting diketahui para ibu-ibu di rumah nih. Karena, agar kita bisa mendapatkan yang berkualitas dengan rasa asin gurih.

Ikan asin yang berkualitas membuat hidangan semakin lezat dan mengunggah selera. Berikut cara memilih ikan asin yang baik seperti dikutip dari NDTV, Senin (28/2/2022).

Perhatikan aroma

Cara Memilih Ikan Asin yang Baik

(Cara memilih ikan asin yang baik, Foto: Endeus TV)

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah aroma dari ikan asin. Ikan asin berkualitas memiliki aroma yang khas atau kurang sedap. Sementara ikan asin yang mengandung formalin tidak memiliki aroma ini dan cenderung tidak tercium sama sekali. Namun Anda patut curiga ketika ikan asin memiliki aroma yang sangat menyengat karena ini menandakan ikan dalam keadaan tidak segar.

BACA JUGA : Cara Olah Ikan Asin Supaya Krispi dan Awet, Dicoba Yuk Bunda!

BACA JUGA : Via Vallen Ternyata Jago Masak, Ikan Asin Masakannya Menggoda Banget!

Teksturnya mudah hancur

Setelah memastikan aromanya segar maka langkah selanjutnya adalah menyentuh daging ikan. Umumnya daging ikan asin akan mudah hancur atau rapuh. Ikan asin bertekstur alot atau keras menjadi saah satu indikator ikan sudah diberi tambahan formalin atau bahan kimia berbahaya seperti pengawet.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini