Share

Perbedaan Beras Basmati dan Jasmine, Sudah Pernah Coba?

Wilda Fajriah, Okezone · Selasa 01 Maret 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 01 298 2554660 perbedaan-beras-basmati-dan-jasmine-sudah-pernah-coba-kyL2W0iJGj.jpg Perbedaan Beras Basmati dan Jasmine (Foto: Bitemybun)

PERBEDAAN beras basmati dan jasmine, sudah tahu belum? Beras merupakan makanan pokok di Asia, Timur Tengah, Amerika Latin, dan Hindia Barat. Ini adalah biji-bijian paling penting yang diproduksi untuk konsumsi manusia. Ini menyediakan karbohidrat yang merupakan sumber energi penting.

Beras bisa dimasak dengan cara direbus atau dikukus menjadi nasi, dan juga bisa dibuat menjadi bubur yang merupakan makanan tradisional bagi mereka yang sakit. Bahkan bisa dibuat menjadi mie atau tepung beras yang bisa dibuat menjadi susu beras, sake, dan minuman lainnya.

Beras memiliki banyak varietas dengan koleksi terbesar di International Rice Research Institute (IRRI) di Filipina. Dua varietas padi yang paling banyak digunakan adalah beras Jasmine dan Basmati.

Perbedaan Beras Basmati dan Jasmine

(Perbedaan Beras Basmati dan Jasmine, Foto: Foodguys)

Beras jasmine merupakan varietas nasi yang memiliki biji-bijian panjang yang rasanya enak. Awalnya berasal dari Thailand dan dikenal sebagai beras harum karena aroma bunga yang khas. Itu dibudidayakan di dataran tinggi Thailand untuk royalti Thailand.

BACA JUGA : 7 Daerah dengan Harga Beras Paling Mahal

Meskipun lengket saat dimasak, ia memiliki kandungan amilopektin yang lebih rendah daripada varietas beras lainnya sehingga lebih lengket dibandingkan dengan kebanyakan dari mereka. Ini digunakan terutama dalam masakan Asia yang menampilkan hidangan dari Cina, Thailand, dan Jepang.

BACA JUGA : Tingkatkan Gizi Warga Jakarta, Anies Luncurkan Beras Fortifikasi yang Lebih Sehat

Beras jasmine memiliki indeks glikemik 109 dan cocok untuk mereka yang membutuhkan pemulihan energi cepat setelah latihan ekstrim dan mereka yang mengalami kadar glukosa darah sangat rendah.

Sedangkan beras bsamati adalah varietas beras yang berasal dari India dan Pakistan. Butirnya lebih panjang dari kebanyakan varietas padi lainnya. Saat dimasak, nasi Basmati tidak saling menempel tetapi tetap kering, mengembang, dan mengalir bebas.

Beras basmati memiliki rasa yang lembut serta aroma yang harum. Ini juga biasa disebut dengan nasi lunak. Ini dibudidayakan di wilayah Punjab di India, dan datang dalam beberapa varietas. Dua varietas yang paling populer adalah beras Basmati coklat dan putih.

Perbedaan Beras Basmati dan Jasmine

(Perbedaan Beras Basmati dan Jasmine, Foto: bitemybun)

Tumbuhan ini memiliki indeks glikemik antara 56 dan 69 yang membuatnya cocok untuk mereka yang menderita diabetes. Ini dianggap sebagai varietas beras paling mahal di dunia.

Nasi basmati digunakan dalam masakan tradisional India dan Timur Tengah. Biasanya disajikan dengan kacang-kacangan, buah-buahan kering, sayuran, domba, marsala ayam, dan rempah-rempah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini