Share

6 Cara Agar Tidak Bau Badan Biar Tambah Pede

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Selasa 01 Maret 2022 17:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 01 611 2554663 6-cara-agar-tidak-bau-badan-biar-tambah-pede-AgMcipnC4P.jpg Cara Menghilangkan Bau Badan. (Foto: Shutterstock)

CARA agar tidak bau badan memang cukup beragam. Bau badan umumnya muncul ketika seseorang banyak berkeringat. Namun, pemicunya bukanlah keringat, melainkan bakteri yang ada di kulit.

Saat tubuh banyak berkeringat, bakteri di kulit akan mudah berkembang biak dan memecah protein pada keringat menjadi zat asam, sehingga bau badan pun menjadi tidak sedap.

Selain itu, munculnya bau badan juga bisa dipengaruhi oleh perubahan hormon androgen di dalam tubuh. Sebagian orang yang mengalami bau badan akan merasa terganggu dan kurang percaya diri.

Untuk itu, banyak orang berlomba-lomba menghilangkan bau badan dengan berbagai cara, baik secara alami maupun dengan bantuan bahan kimia. Lantas, bagaimana cara mengurangi bahkan menghilangkan bau badan? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Bau Badan

1. Jaga Kebersihan Diri

Mandi setidaknya sekali sehari dapat membantu menghilangkan keringat dan menyingkirkan beberapa bakteri di kulit. Keringat dengan sendirinya pada dasarnya tidak berbau.

Tetapi ketika bakteri yang hidup di kulit bercampur dengan keringat, akan berkembang biak dengan cepat dan menimbulkan bau yang cukup menyengat. Mencuci secara menyeluruh, terutama area di mana cenderung berkeringat, dapat membantu mengatasi bau badan.


2. Gunakan Sabun Antibakteri

Mencuci secara menyeluruh dengan sabun batang antibakteri akan membantu menyingkirkan beberapa bakteri, yang dapat membantu menghilangkan bau.Pastikan kamu mencari sabun yang terdapat kandungan "antibakteri" pada kemasan sabun.

3. Keringkan dengan Handuk

Setelah mandi, keringkan diri sepenuhnya dengan handuk dan perhatikan area di mana banyak berkeringat. Jika kulit kamu kering, lebih sulit bagi bakteri penyebab bau badan untuk berkembang biak di atasnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

4. Gunakan Antiperspiran

Setelah bersih dan kering, gunakan antiperspirant yang kuat pada ketiak. Adanya kandungan aluminium klorida, bahan kimia yang membantu menjaga keringat. Umumnya kandungan tersebut ada di dalam deodoran. Gunakan dua kali sehari, sekali di pagi hari dan sekali di malam hari.

5. Jaga Pakaian Tetap Bersih

Sering-seringlah mengganti pakaian saat berkeringat banyak. Pakaian segar membantu mengurangi bau badan. Pastikan juga untuk mengganti kaus kaki, terutama jika kamu cenderung memiliki bau kaki. Gunakan bedak deodoran di sepatu, sering-seringlah mengganti sol, dan bertelanjang kaki jika memungkinkan.

6. Kurangi atau Kurangi Makanan atau Minuman Tertentu

Apa yang kamu makan mempengaruhi bau badan. Makanan yang cenderung membuat lebih banyak berkeringat, seperti cabai atau makanan pedas lainnya, juga dapat menyebabkan bau badan.

Selain itu, aroma makanan seperti bawang merah atau bawang putih bisa terbawa keringat. Sedangkan, minuman dengan kafein atau alkohol juga bisa membuat lebih banyak berkeringat.

Demikian 6 cara mudah hilangkan bau badan. Pastikan kamu mengikuti semua cara dengan baik agar bau badan tidak lagi menyelimuti tubuhmu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini