Share

6 Cara Agar Tidak Overthinking, Kamu Harus Tahu!

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Selasa 01 Maret 2022 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 01 612 2554640 6-cara-agar-tidak-overthinking-kamu-harus-tahu-NZHQ7cZGkG.jpg Cara Mengatasi Overthingking. (Foto: Shutterstock)

CARA agar tidak overthinking cukup beragam. Di zaman sekarang, overthinking atau berpikir berlebihan kerap menjadi masalah bagi sebagian orang.

Berpikir sebelum bertindak merupakan hal wajar. Namun, jika terlalu berlebihan tidak hanya berdampak pada kesehatan mental saja, tetapi juga fisik seseorang. Kondisi ini awalnya muncul karena selalu merasa khawatir akan sesuatu hal, mulai dari masalah sepele, hingga trauma.

Memiliki pemikiran yang terlalu berlebihan tentang sesuatu hal memang sangat melelahkan. Apalagi jika kamu memiliki banyak aktivitas lain yang harus dikerjakan sesuai deadline.

Lantas, bagaimana cara agar tidak overthinking? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini. Mengutip, Psychology Today, ini 6 cara mudah hentikan overthinking, antara lain:

Overthinking

1. Perhatikan Saat Kamu Terlalu Banyak Berpikir

Pahami, jika kesadaran adalah langkah pertama dalam mengakhiri overthinking. Mulailah memperhatikan cara berpikirmu. Ketika kamu melihat dirimu mengulang peristiwa di pikiranmu berulang-ulang, atau mengkhawatirkan hal-hal yang tidak dapat dikendalikan, akui bahwa pikiran kamu tidak produktif.

2. Tantang Pikiran Kamu

Sangat mudah untuk terbawa oleh pikiran negatif. Sebelum menyimpulkan kejadian-kejadian negatif di masa depan, akui bahwa pikiranmu mungkin terlalu negatif. Belajarlah untuk mengenali dan mengganti kesalahan berpikir sebelum mereka membuatmu menjadi gila.

3. Tetap Fokus pada Pemecahan Masalah Aktif

Memikirkan masalah tidak membantu, tetapi mencari solusi membantu. Tanyakan pada dirimu langkah apa yang dapat diambil untuk belajar dari kesalahan atau menghindari masalah di masa depan. Alih-alih bertanya mengapa sesuatu terjadi, tanyakan pada diri sendiri apa yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya.

4. Praktik Perhatian

Tidak mungkin untuk mengulang hari kemarin atau mengkhawatirkan hari esok ketika kamu hidup di masa sekarang. Berkomitmen untuk menjadi lebih sadar di sini dan sekarang. Perhatian penuh membutuhkan latihan, seperti keterampilan lainnya, tetapi seiring waktu, itu dapat mengurangi pikiran berlebihan.

5. Jadwalkan Waktu Refleksi

Memikirkan masalah untuk jangka waktu yang lama tidak produktif, tetapi refleksi singkat dapat membantu. Memikirkan tentang bagaimana kamu dapat melakukan sesuatu secara berbeda atau mengenali potensi jebakan pada sebuah rencana, misalnya, dapat membantu kamu melakukan lebih baik di masa depan.

Masukkan 20 menit "waktu berpikir" ke dalam jadwal harianmu. Selama waktu ini, biarkan dirimu khawatir, merenungkan, atau memikirkan apapun yang kamu inginkan. Kemudian, ketika waktunya habis, beralihlah ke sesuatu yang lebih produktif.

6. Ganti Saluran

Mengatakan pada diri sendiri untuk berhenti memikirkan sesuatu bisa menjadi bumerang. Semakin kamu mencoba untuk menghindari pikiran memasuki otakmu, semakin besar kemungkinan untuk terus bermunculan. Menyibukkan diri dengan suatu aktivitas adalah cara terbaik untuk mengubah saluran.

Berolahraga, terlibat dalam percakapan tentang topik yang sama sekali berbeda, atau kerjakan proyek yang akan mengalihkan pikiranmu dari rentetan pikiran negatif.

Demikian 6 cara mudah yang bisa dicoba untuk menghentikan overthinking. Lakukan secara perlahan dan dalam waktu yang lama, agar kamu bisa lebih mengenal diri dan tidak lagi overthinking.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini