Share

Psikolog: Kencan Pertama Tak Harus Lanjut Jadian

Antara, Jurnalis · Selasa 01 Maret 2022 14:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 01 612 2554669 psikolog-kencan-pertama-tak-harus-lanjut-jadian-RHXVADp8Rf.jpg Kencan pertama tak harus jadian (Foto: Guy counseling)

SAAT menjalani kencan, seharusnya dilakukan dengan santai dan gembira. Tak usah menargetkan apa-apa terlebih dahulu.

Inez Kristanti, M.Psi, Psikolog Klinis dan Relationship Expert mengatakan, kencan pertama adalah sebuah proses pengenalan antara dua pribadi. Biasanya, orang akan menunjukkan ketertarikan atau minat masing-masing.

 kencan pertama

Namun tidak melanjutkan hubungan setelah kencan pertama usai pun tidak masalah. Hal itu bukanlah sebuah kegagalan.

"Enggak perlu ada pressure ini harus berlanjut, harus jadian atau sampai nikah. Kalau enggak cocok kenapa harus dipaksakan," ujar Inez.

Penting bagi seseorang untuk memperhatikan perasaan diri sendiri. Jangan sampai demi menyenangkan orang lain atau takut dianggap gagal, maka memaksakan hubungan yang sebenarnya tidak cocok.

"Hal terpenting kita tetap memperhatikan perasaan kita sendiri. Kalau sudah ngobrol banyak dan enggak mau lanjutin, ya kita harus bilang dengan jelas jangan ghosting, kita harus mengekspresikan harapan kita kemudian keinginan kita secara jelas," kata Inez.

Inez juga mengatakan, jika seseorang merasa cocok dengan pasangan kencan pertamanya, maka jangan ragu untuk mengekspresikannya.

Menurut Inez, banyak orang terjebak dengan aturan-aturan yang tidak perlu, seperti jangan mengirim pesan sebelum tiga hari setelah berkencan atau wanita dilarang menghubungi lebih dulu.

 BACA JUGA:Viral! Pesan Makanan, Perawat Cantik Malah Diajak Kencan Sama Driver Taksi Online

"Enggak ada aturan dalam dating sebenarnya. Kadang-kadang yang bikin enggak jadi itu karena gengsi siapa yang harus mulai text duluan, enggak perlu termakan dengan aturan yang ada di kepala kita," katanya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini