Share

3 Teknik Meditasi yang Ampuh Kurangi Stres

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 01 Maret 2022 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 01 612 2554763 3-teknik-meditasi-yang-ampuh-kurangi-stres-nqT4O2uCSN.jpeg Ilustrasi Meditasi. (Foto: Highend)

SETIAP orang pasti memiliki masalah dan terkadang membuat banyak pikiran. Akibatnya, pikiran-pikiran ini bisa mendatangkan stres bagi mereka yang tidak bisa menanganinya dengan baik.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengatasi stres adalah dengan melakukan meditasi. Meditasi merupakan salah satu aktivitas positif yang bertujuan untuk menenangkan batin dan jiwa. Anda dapat mulai melakukan meditasi dengan meluangkan waktu sekitar 5-10 menit saja.

Ketika Anda memiliki banyak aktivitas, Anda cenderung kurang memiliki waktu untuk me time, apalagi untuk melakukan meditasi. Padahal meditasi tidak selalu rumit dan membutuhkan waktu lama. Bagi Anda yang super sibuk dan merasa stres dengan pekerjaan, dapat melakukan teknik meditasi yang sederhana ini.

Berikut 3 teknik meditasi yang cukup ampuh untuk membuat Anda merasa lebih baik.

Fokus Pada Pernapasan

Meditasi

Caranya cukup mudah. Anda hanya duduk bersila dan letakkan tangan di atas paha. Biarkan tubuh untuk rileks dan tidak ada tekanan sama sekali, setelah itu pejamkan mata dan mulai fokus pernapasan hidung, seperti keluar masuknya napas. Jika mulai muncul pikiran-pikiran lain langsung pusatkan pada keluar masuknya napas.

Fokus Panca Indra pada Musik

Meditasi

Teknik ini dapat Anda lakukan jika kurang dapat fokus pada pernapasan. Carilah musik meditasi dengan alunan yang tenang, gunakan headset untuk membangun konsentrasi serta fokus. Hal ini akan membuat Anda merasakan segala sesuatu di sekitar menjadi lebih baik.

Meditasi Mindfulness

Meditasi

Teknik satu ini menggunakan kesadaran terhadap kondisi diri sendiri dan lingkungan sekitar. Biasanya teknik ini dilakukan dengan membuat afirmasi positif dalam hati berulang kali, seperti “saya bahagia dan sehat, semuanya akan baik-baik saja”.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini