Share

Wisata Kuliner Mangut Lele Asap di Kemayoran Jakarta Pusat, Pedasnya Nampol!

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 02 Maret 2022 13:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 02 298 2555201 wisata-kuliner-mangut-lele-di-kemayoran-jakarta-pusat-pedasnya-nampol-rgPIyN7hod.jpg Mangut Lele Asap Kemayoran Jakarta Pusat (Foto: YouTube/Official iNews)

JAKARTA memiliki beragam kuliner yang pastinya mengunggah selera. Salah satunya mangut lele yang merupakan masakan khas Jawa Tengah. Selain rasanya yang lezat, kuliner ini sangat bagi kalian pencinta masakan pedas.

Tak perlu ke Jawa Tengah, kalian bisa mencicipi hidangan mangut lele di Kemayoran, Jawa Tengah. Tempat makannya bernama Mangut Lele Pak Thil, yang berlokasi di Jl. Sumur Batu Raya No.415.

Mangut Lele Asap

Kira-kira, bagaimana cara mengolah masakan ini? Dikutip dari tayangan YouTube Pedes Endeus, Offical iNews, Ikan lele diasapi selama 7 jam, sehingga warnanya benar-benar eksotis. Sebelum diasap, lele dilumuri garam, penyedap rasa dan perasan jeruk nipis supaya rasanya semakin sedap.

Selanjutnya, lele yang sudah dibumbui ditusuk menggunakan kayu untuk menjaga bentuknya. Kemudian, lele diasap dengan susu 80-100 deraja celsius.

Mangut Lele Asap

Setelah selesai, dua host, Rebondang dan Mayang pun mulai mencicipi hidangan mangut lele di meja. Ketika dihidangkan, wangi dari pengasapan membuat cita rasanya makin sempurna.

"Teksturnya juga jadi padet, tapi empuk dan bumbunya merasuk, pedasnya endeus," ujar Rebondang.

BACA JUGA : Nikmatnya Mangut Lele Mbah Marto, Pedasnya Bikin Keringetan!

Meski sudah pedas, tetap disediakan cabai merah sebagai tambahan. Ternyata, rasa mangut lele semakin nampol!

"Ambyar, nampol, pedes banget, tapi enak buat ketagihan," kata Mayang.

BACA JUGA : 5 Tempat Makan di Jakarta Selatan yang Enak Buat Nongkrong

Rasa lezat, segar dan pedasnya mangut lele ini berasal dari serai, daun jeruk dan tentu saja cabai rawit. Selain itu, ada juga tambahan bumbu rahasia. Makin endeus lagi karena ditambah santan, asam jawa serta belimbing wuluh.

Gimana, tertarik untuk mencoba kuliner ini? Seporsi mangut lele ini dibanderol Rp22.000 saja kok. Dijamin dompet aman, perut kenyang!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini