Share

4 Tips Cegah Obesitas saat Pandemi

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 03 Maret 2022 09:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 03 612 2555607 4-tips-cegah-obesitas-saat-pandemi-U4bfgjCSsJ.jpg Ilustrasi Obesitas. (Foto: Shutterstock)

OBESITAS memang semakin banyak terjadi di masa pandemi Covid-19 ini. Pasalnya seiring dengan pengetatan mobilitas, masyarakat lebih memilih tidak berakitvitas di luar rumah.

Akibatnya, tentu saja konsumsi makanan dengan energi yang dikeluarkan tidak lagi seimbang. Tidak heran jika obesitas menjadi salah satu kondisi yang dikhawatirkan akibat gaya hidup yang tidak sehat.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan tahun 2018 menunjukkan bahwa proporsi dari populasi yang memiliki faktor risiko obesitas pada penduduk berusia lebih dari 18 tahun meningkat dari 15,4 persen di tahun 2013 menjadi 21,8 persen di 2018.

Menjelang Hari Obesitas Sedunia pada 4 Maret mendatang, berikut ini adalah tips mudah untuk menjaga berat badan agar tetap ideal, dikutip Antara dari siaran pers Tokopedia.

Obesitas

Rutin olahraga

Anda dapat menjaga berat badan ideal dan mencegah obesitas melalui olahraga secara rutin. Adapun olahraga yang dapat dilakukan seperti lari hingga bermain skateboard.

Hindari rokok dan alkohol

Kementerian Kesehatan menganjurkan untuk menghindari rokok dan alkohol yang dapat menyebabkan obesitas. Biasakan mengonsumsi makanan dan minuman sehat serta gaya hidup sehat agar terhindar dari penyakit.

Perhatikan kesehatan mental

Pada sebagian orang, makan merupakan salah satu cara untuk meredakan stres dan menjaga kesehatan mental. Di sisi lain, kebiasaan ini apabila dilakukan secara berlebihan dapat memicu terjadinya obesitas.

"Kesehatan mental perlu diperhatikan dan dijaga, misalnya dengan melakukan hobi, menjaga hubungan yang sehat dengan orang lain, berdamai dengan keadaan dan masih banyak lagi," ujar Psikolog Klinis Dewasa Nago Tejena, M.Psi.

Tidur cukup

Praktisi kesehatan tidur dr. Andreas Prasadja, RPSGT, mengatakan, durasi tidur yang ideal adalah 7-9 jam sehari. Tidur yang cukup dan berkualitas bisa membantu menghilangkan lebih banyak kalori.

“Tubuh manusia memiliki irama sirkadian yang membentuk ritme tubuh. Jika seseorang kurang tidur, maka stabilitas tubuhnya akan terganggu, mulai dari kemampuan kognitif, daya tahan tubuh, kestabilan emosi hingga gangguan pada pencernaan dan metabolisme,” kata Andreas.

Celebrity Chef Norman Ismail menyarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi sesuai kebutuhan. "Karbohidrat bukan musuh kita, konsumsilah sesuai kebutuhan atau tidak berlebih. Dalam penyajian satu piring, usahakan memasukkan lebih banyak makanan berserat, termasuk sayuran,” jelas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini