Share

10 Buah yang Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah

Tim Okezone, Okezone · Senin 07 Maret 2022 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 07 298 2557454 10-buah-yang-ampuh-turunkan-kadar-gula-darah-15Wie7NhL5.jpg Ilustrasi Buah-buahan. (Foto: Shutterstock)

OBESITAS merupakan salah satu penyakit yang banyak terjadi saat Pandemi Covid-19. Pasalnya, banyak orang hidup secara konsumtif akibatnya, berat badan pun akhirnya mengalami lonjakan.

Oleh karena itu, banyak orang memilih untuk melakukan diet. Salah satunya adalah diet ketogenik atau diet karbohidrat guna menurunkan lonjakan glukosa dalam darah. Dalam mempertahankan atau menjaga kadar gula dalam darah, Anda yang berisiko atau sedang mengatasi diabetes perlu memperhatikan buah apa saja yang baik untuk kesehatan Anda.

Berikut 10 buah yang berkasiat untuk menurunkan dan atau menjaga kadar gula darah, Antara mengutip Camille Style, berikut 10 buah tersebut.

Raspberi

Setengah cangkir raspberry (60 gram) mengandung sekitar tiga gram karbohidrat. Raspberry memiliki mineral yang disebut mangan, yang diperlukan untuk kesehatan tulang dan kulit. Ini juga membantu mengatur gula darah.

Blackberry

Setengah cangkir blackberry (70 gram) mengandung sekitar empat gram karbohidrat. Seperti semua beri, blackberry memberikan berbagai manfaat kesehatan: antioksidan, vitamin, dan mineral. Mereka anti-inflamasi dan memiliki sifat anti-mikroba.

Buah

Stroberi

Delapan buah stroberi berukuran sedang (100 gram) mengandung sekitar enam gram karbohidrat. Stroberi diketahui dapat meningkatkan kolesterol HDL (baik), menurunkan tekanan darah, dan mencegah kanker.

Dikemas dengan vitamin, serat, dan antioksidan tingkat tinggi yang dikenal sebagai polifenol, stroberi adalah makanan bebas natrium, bebas lemak, bebas kolesterol, dan rendah kalori.

Plum

Satu buah plum berukuran sedang (65 gram) mengandung sekitar tujuh gram karbohidrat. Plum dikemas dengan nutrisi untuk menurunkan peradangan, membantu sembelit, mengurangi gula darah, dan banyak lagi.

Kiwi

Satu buah kiwi berukuran sedang (70 gram), mengandung sekitar delapan gram karbohidrat. Kiwi kaya akan vitamin C dan serat makanan. Buah asam ini juga dapat mendukung kesehatan jantung, kesehatan pencernaan, dan kekebalan tubuh.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Ceri

Setengah cangkir ceri (75 gram) mengandung sekitar delapan gram karbohidrat. Ceri rendah kalori dan penuh dengan serat, vitamin, mineral, nutrisi, dan bahan lain yang baik untuk Anda, seperti kolin dan antioksidan. Anda akan mendapatkan vitamin C, A, dan K dengan setiap buah bertangkai panjang ini.

Bluberi

Setengah cangkir blueberry (75 gram) mengandung sekitar sembilan gram karbohidrat. Seiring dengan manfaat kesehatan penting lainnya, blueberry kaya akan vitamin K, yang memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan jantung dan kesehatan tulang. Bluberi juga merupakan buah yang lezat untuk membantu menyeimbangkan gula darah.

Clementine

Satu clementine berukuran sedang (75 gram) mengandung sekitar sembilan gram karbohidrat. Clementine kaya akan antioksidan seperti vitamin C, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit Anda. Buah ini juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan Anda.

Melon

Satu cangkir melon (160 gram) mengandung sekitar 11 gram karbohidrat. Sangat menghidrasi, melon rendah karbohidrat, penuh dengan elektrolit, dan memiliki sifat anti-inflamasi.

Persik

Satu buah persik berukuran sedang (150 gram) mengandung 13 gram karbohidrat. Dikenal sebagai apel Persia, buah persik sangat bagus untuk pencernaan, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan kaya akan beta karoten dan vitamin C untuk membantu mendukung kesehatan kulit. Buah persik juga bisa meningkatkan kesehatan jantung, mempercepat penyembuhan luka, dan mengurangi risiko penyakit kronis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini