Share

Mengenal Reading slump, Kondisi Ketika Orang Tak Bisa Fokus Membaca

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 07 Maret 2022 19:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 07 612 2557789 mengenal-reading-slump-kondisi-ketika-orang-tak-bisa-fokus-membaca-UZRRcfyuRv.jpg Ilustrasi Membaca Buku. (Foto: Shutterstock)

PEPATAH menyebut bahwa jendela adalah informasi dunia. Apalagi, saat ini buku dan informasi sudah bisa diperoleh via online dan sangat mudah dicari.

Tapi memang, banyak orang membaca secara tidak lengkap lantaran kehilangan rasa fokus dan motivasi dalam membaca. Nah, sikap tersebut disebut sebagai reading slump menurut Urban Dictionary berarti “mimpi buruk bagi setiap pembaca”.

Membaca merupakan salah satu kegiatan yang seringkali membuat kita lupa waktu. Namun layaknya kegiatan dan aktivitas lain, membaca juga dapat menimbulkan rasa jenuh. Jika Anda adalah seorang penggemar buku lalu tiba-tiba merasa kehilangan mood atau tidak fokus saat membaca, bisa jadi Anda sedang terkena reading slump.

Kondisi tersebut adalah kondisi di mana membaca menjadi suatu kegiatan yang sangat menjenuhkan. Pikiran menjadi tidak fokus dan membuat buku apapun tidak bisa menarik perhatian Anda lagi.

Reading slump ini dapat terjadi pada siapa saja. Bahkan seorang kutu buku yang setiap hari rela menghabiskan waktunya berjam-jam demi sebuah buku pun dapat merasa kehilangan motivasi saat membaca. Tentu tidak menyenangkan berada dalam kondisi reading slump ini. Sebab kondisi ini menghambat produktivitas Anda. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan ketika Anda terjangkit reading slump.

Membaca

Beri Jeda Waktu

Tidak masalah untuk meberikan jeda waktu ketika Anda mengalami reading slump. Barangkali kondisi ini teradi karena Anda sedang membaca buku dengan jumlah banyak secara berturut-turut. Jangan terburu-buru. Istirahat sejenak dari aktivitas membaca mungkin bisa mengembalikan motivasi Anda untuk menikmati buku kembali.

Cari Suasana Baru

Merubah suasana ruang baca mungkin bisa memberikan udara segar bagi Anda. Mendekor dan menata ulang ruangan serta menambahkan beberapa ornamen sepertinya bisa memberikan warna baru yang membuat Anda kembali bersemangat. Jika biasanya Anda membaca di dalam ruangan, Anda juga bisa mulai mencoba membaca buku di tempat terbuka seperti taman dll.

Mencoba Genre Baru

Jika biasanya Anda membaca buku bergenre romantis, mungkin sekarang Anda bisa mulai membaca buku dengan genre komedi atau thriller. Mencoba hal baru bisa mengatasi rasa jenuh dan menumbuhkan semangat.

Membaca Ulang Buku Lama

Anda tentu memiliki buku favorit atau buku yang paling berkesan. Baik dari segi cerita, alur, atau pun sejarahnya. Anda bisa mulai membaca kembali buku-buku tersebut untuk mengembalikan motivasi membaca Anda.

Bijak dalam Membagi Waktu

Penggunaan ponsel dan media sosial dapat menjadi salah satu hal yang membuat Anda menjadi mudah jenuh ketika membaca buku. Sebab perhatian Anda telah teralihkan oleh hal lain yang menghabiskan waktu dan sekilas tampak jauh lebih menarik. Mungkin Anda harus mulai membatasi waktu bermain ponsel agar fokus dan perhatian Anda dapat kembali pada buku.

Jangan Memaksakan Mood

Tidak usah terburu-buru untuk mengembalikan motivasi membaca Anda. Segala sesuatu yang dipaksakan tentu tidak baik dan tidak akan memberikan pengaruh apapun. Apabila merasa mood Anda sedang tidak baik dan merasa belum ingin membaca buku, tunggu sampai mood Anda kembali dan jangan memaksakan diri.

Jangan khawatir apabila Anda sedang berada dalam fase reading slump ini, sebab reading slump merupakan hal wajar yang dapat terjadi pada siapa dan kapan saja. Beberapa tips di atas mungkin bisa menjadi solusi untuk Anda yang saat ini sedang mengalami reading slump.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini