Share

Tradisi Unik Rusia, Hidangkan Roti dan Garam bagi Para Tamu

Tim Okezone, Okezone · Senin 07 Maret 2022 20:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 07 612 2557800 tradisi-unik-rusia-hidangkan-roti-dan-garam-bagi-para-tamu-m72kAHCI5H.jpg Makanan Tradisional Rusia. (Foto: Highend)

SETIAP negara memang memiliki ciri khas masing-masing sesuai dengan adat di masing-masing daerah tersebut. Terkadang adat istiadat tersebut terasa aneh, meskipun juga dipelajari tetap ada filosofi di baliknya.

Nah, salah satu adat yang cukup unik terjadi di Rusia, yang memiliki tradisi menyajikan tamu dengan roti dan garam. Filosofi dari tradisi ini adalah sebagai lambang keramahan.

Tradisi yang berlangsung di Rusia Barat ini, dinilai sangat bermakna untuk masyarakat Rusia karena berarti tamu adalah seseorang yang penting untuk mereka. Maka, selain menyajikan hidangan khas di sana, tuan rumah juga harus mengenakan pakaian terbaik mereka ketika ada tamu yang datang.

Penyajian roti dan garam untuk tamu ini juga dipercaya oleh masyarakat Slavia yaitu bagian dari kelompok linguistik Balto-Slavic yang juga merupakan bagian dari tradisi mereka.

RUsia

Awalnya tradisi pemberian roti dengan garam di Rusia berawal dari para raja dan bangsawan di Rusia. Mereka akan mendapatkan jamuan berupa roti dan garam yang diletakan ke dalam piring bundar.

Selain itu, perjamuan roti dan garam sering juga dilakukan pada pesta pernikahan. Yang menariknya juga masyarakat tersebut tidak akan meninggalkan budaya jamuan tersebut walaupun tinggal di negara lain. Roti melambangkan sebuah kekayaan dan garam adalah perlindungan yang sudah diyakini sejak dulu di sana.

Karena dianggap melambangkan simbol yang bermakna, hal tersebut membuat roti dan garam ini menjadi sebuah ungkapan yang berharga untuk disajikan kepada tamu. Bentuk ungkapan selamat datang ini memberikan arti bahwa tuan rumah sangat menghargai tamunya dan mereka harus menyajikan hidangan spesial seperti roti dan garam.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini