Share

Cegah Penyakit Jantung, 5 Camilan Ini Bantu Turunkan Kolesterol Tinggi

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 09 Maret 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 08 298 2558067 cegah-penyakit-jantung-5-camilan-ini-bantu-turunkan-kolesterol-tinggi-akUqPzQ3jd.jpeg Camilan sehat untuk bantu turunkan kolesterol tinggi (Foto: Lifehack)

KOLESTEROL tinggi bisa memicu berbagai masalah kesehatan, salah satunya penyakit jantung. Untuk mengurangi risiko, diet sehat menjadi salah satu kunci. 

Dilansir dari laman The Health, jika Anda memiliki kolesterol tinggi, American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk membatasi asupan lemak jenuh dari makanan seperti daging dan produk susu hingga tidak lebih dari 5 sampai 6 persen kalori harian Anda - atau 11–13 gram untuk seseorang yang makan 2.000 kalori per hari ( 3 ).

Serat dan lemak sehat dari makanan seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, polong-polongan, biji-bijian, dan ikan dapat membantu level Anda tetap dalam kisaran yang sehat. Secara khusus, asupan serat yang cukup dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 10 persen.

Nah oleh karena itu, Anda harus mengonsumsi makanan atau camilan sehat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Antara lain sebagai berikut:

Kacang panggang

Kacang

Buncis juga bisa disebut kacang garbanzo, yakni merupakan kacang polong yang lezat serta sarat dengan serat dan protein nabati. Saat dipanggang kacang ini akan menjadi renyah dan cocok untuk camilan dapat menyehatkan jantung.

Caranya cukup olesi buncis matang secara merata di atas loyang berlapis kertas perkamen sebelum menuangkannya dengan sedikit minyak zaitun, dan taburi garam. Panggang pada suhu 205 ° C (400 ° F) selama sekitar 30 menit, atau hingga renyah. Untuk menambah rasa, bumbui dengan bumbu kering, seperti bubuk kari, paprika, kulit lemon, atau lada hitam.

BACA JUGA : Apa yang Dirasakan Tubuh saat Kolesterol Tinggi? Cek di Sini!

Alpukat dan roti gandum

Alpukat adalah sumber yang kaya lemak tak jenuh, yang telah terbukti membantu menurunkan kolesterol LDL (jahat). Terlebih lagi, setiap separuh buah ini mengandung kurang lebih 5 gram serat. Anda bisa mengonsumsi alpukat dengan roti gandum utuh untuk mendapatkan lebih banyak serat.

Untuk membuat roti panggang alpukat, cukup panggang sepotong roti gandum favorit dan taburi dengan alpukat yang diiris tipis. Untuk rasa ekstra, cobalah dengan perasan air lemon dan taburan herba segar.

BACA JUGA : 4 Kebiasaan yang Tanpa Sadar Sebabkan Kolesterol Naik di Usia Senja

Seledri salad salmon kari

Salmon adalah sumber makanan lengkap lemak omega-3 lainnya. Sama seperti tuna, jenis ikan ini dapat digunakan untuk membuat camilan padat nutrisi yang lezat.

Untuk membuat salad, campurkan sekaleng salmon dengan mayones serta minyak zaitun, bubuk kari, anggur cincang, kacang mete , dan sedikit madu. Selanjutnya masukkan satu sendok salad salmon ke dalam beberapa batang seledri untuk dijadikan camilan.

Irisan apel dengan mentega kacang atau biji

Irisan apel dengan selai kacang adalah perpaduan klasik, dan dapat menjadi camilan lezat bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi.

Apel memberikan serat dan berbagai nutrisi penting, seperti vitamin C dan kalium. Selai kacang serta biji seperti almond, kacang tanah, atau mentega bunga matahari memberikan serat tambahan, sedikit protein, dan banyak lemak yang menyehatkan jantung.

Tuna dan nori

Ikan Tuna

Tuna merupakan sumber asam lemak omega-3, sejenis lemak tak jenuh yang menunjukkan efek penurun kolesterol. Anda bisa membuat camilan dari ikan ini, ditambah dengan bahan lainnya seperti nori (rumput laut).

Anda dapat membuat salad tuna dan campuran bahan lainnya, yang menyehatkan jantung seperti minyak zaitun, bawang merah, atau seledri. Kemudian, gunakan lembaran nori atau daun selada untuk membuat bungkus sandwich tuna untuk camilan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini