Share

Catat! Ini 6 Buah Terlarang untuk Ibu Hamil

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 08 Maret 2022 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 08 298 2558091 catat-ini-6-buah-terlarang-untuk-ibu-hamil-J23YhWPKXy.jpg Ilustrasi Ibu Hamil. (Foto: Shutterstock)

KETIKA sedang hamil, calon ibu memang harus menjaga pola makannya agar memiliki gizi baik untuk dirinya, maupun untuk si bayi. Oleh karena itu pemilihan makanan tidak bisa lagi sembarangan, sehingga nantinya anak lahir dengan sehat.

Memang, kebanyakan makanan boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, apalagi buah-buahan yang memiliki banyak nutrisi seperti vitamin A, vitamin C. Tapi, ada beberapa jenis buah-buahan tertentu yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil.

Apa saja buah-buahan tersebut? Menghimpun berbagai sumber, berikut ulasan singkat enam buah-buahan yang sebaiknya dihindari dimakan saat hamil.

Rockmelon

Dikenal di Indonesia dengan nama labu kuning, buah ini cukup berbahaya karena mengandung resiko bakteri listeria.

Ibu Hamil

Anggur

Di masa trimester pertama saat fisik bayi sedang terbentuk di masa penting ini, beberapa ahli menyarankan ibu hamil untuk tak mengonsumsi anggur. Meski anggur mengandung vitamin A dan C tinggi, tapi di sisi lain kulit anggur tinggi akan senyawa yang disebut resveratrol, yang disebut bisa menjadi racun bagi wanita hamil.

Ini karena resveratrol dapat bereaksi dengan kadar hormon yang tidak proporsional yang mungkin dimiliki wanita hamil. Sebuah penelitian menemukan bahwa monyet hamil yang diberi suplemen resveratrol terlihat pankreas bayinya berkembang secara tidak teratur. Selain itu, anggur bisa memicu sembelit karena kulitnya sulit dicerna.

Pepaya mentah atau setengah matang

Pepaya mentah atau setengah matang tinggi lateks, yang mendorong kontraksi awal rahim yang disebutkan bahkan bisa mengakibatkan keguguran. Selain itu, pepaya mentah atau setengah matang juga mengandung banyak papain. Salah satu efek sampingnya, bisa memicu persalinan dini.

Hindari makanan atau hidangan yang mengandung pepaya mentah atau setengah matang (yang memiliki kulit benar-benar hijau), seperti salad pepaya hijau atau smoothie pepaya yang mengandung biji pepaya.

Nanas

Buah tropis yang segar ini sayangnya tak cocok untuk ibu hamil. Nanas diketahui mengandung bromelain, enzim yang memecah protein. Salah satu efek sampingnya adalah bromelain dapat melunakkan serviks, yang bisa menyebabkan persalinan dini. Studi juga menunjukkan bahwa tablet bromelain sangat ampuh dalam memecah protein bahkan dapat menyebabkan pendarahan yang tidak teratur loh!

Pisang

Sama seperti anggur, pepaya dan nanas, buah ini juga masuk dalam daftar buah yang harus dihindari ibu hamil terutama di masa trimester pertama. Pada kasus-kasus tertentu, wanita dengan alergi, menderita diabetes atau diabetes gestasional disarankan untuk tidak makan pisang.

Pisang mengandung kitinase, zat seperti lateks yang dikenal sebagai alergen yang mana juga meningkatkan panas tubuh. Jadi wanita yang alergi terhadap kitinase sebaiknya tidak mengkonsumsi pisang. Pisang juga memiliki jumlah cukup banyak gula di dalamnya, jadi penderita diabetes idealnya menghindari buah ini.

Semangka

Buah yang banyak mengandung air ini secara umum baik untuk tubuh manusia karena membantu tubuh membuang semua racun dari tubuh sambil mengatur hidrasi. Tetapi makan semangka saat hamil, dikatakan bisa membuat bayi terpapar berbagai racun yang dikeluarkan oleh semangka.

Jika dikonsumsi berlebihan, kandungan gula di dalamnya bisa meningkatkan kadar glukosa darah. Ditambah adanya sifat diuretik pada semangka, berpeluang juga malah mengeluarkan nutrisi penting bersama dengan racun dari tubuh. Selain itu, semangka ternyata makanan yang menyebabkan flu, oleh karena itu disarankan untuk tidak dimakan saat hamil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini