Share

5 Gejala yang Bisa Terjadi ketika Anda Hamil Anak Kembar

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 08 Maret 2022 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 08 612 2558282 5-gejala-yang-bisa-terjadi-ketika-anda-hamil-anak-kembar-wcNTGUyJgU.jpg Ilustrasi Ibu Hamil. (Foto: Shutterstock)

BANYAK mitos seputar kehamilan yang sudah sering kita dengar, beberapa mitos tersebut memang sama sekali tidak benar, tapi ada juga mitos yang bisa mendekati kebenaran. Salah satunya adalah bentuk perut ketika hamil dapat menentukan anak laki atau perempuan.

Selain itu, ada juga beberapa gejala yang bisa terlihat untuk menunjukkan bahwa Anda mengandung anak kembar atau bukan. Memang, untuk mendapat kepastian maka seorang ibu harus melakukan USG di pelayanan kesehatan. Tapi, ada gejala yang bisa menunjukkan seseorang mengandung anak kembar atau tidak.

Sebagaimana merangkum Healthline yang sudah ditinjau secara medis oleh Dr. Carolyn Kay, MD, dokter kebidanan dan kandungan dan Baby Center yang juga sudah ditinjau secara medis oleh Dr. Layan Alrahmani, M.D., dokter spesialis kandungan, ada gejala-gejala yang biasanya dilaporkan sebagai tanda bahwa Anda mungkin hamil anak kembar.

Ibu hamil

Lebih sering mual di pagi hari

Sebagian wanita hamil anak kembar melaporkan mengalami mual di pagi hari dengan intensitas yang lebih sering atau mual di pagi hari yang berlangsung lebih lama. Mengalami mual dan muntah yang berlangsung di luar minggu ke-14 kehamilan disebut bisa mengindikasikan bahwa Anda hamil lebih dari satu orang bayi.

hCG tinggi

Human chorionic gonadotropin (hCG) adalah hormon yang diproduksi oleh tubuh selama kehamilan. Hormon inilah yang ditangkap oleh air seni agar menunjukkan hasil positif di alat tes kehamilan.

Jika Anda menjalani perawatan kesuburan tertentu, biasanya diminta untuk tes darah untuk memeriksa nomor hCG Anda. Sebuah studi penelitian tahun 2018 menunjukkan bahwa ibu hamil anak kembar biasanya memilikihasil hCG yang lebih tinggi dari biasanya.

Detak jantung kedua

Detak jantung bayi bisa didengar di usia kehamilan mulai 8 sampai 10 minggu menggunakan doppler janin. Jika saat diperiksa, OB-GYN Anda mendengar ada detak jantung kedua, biasanya akan direkomendasikan untuk periksa USG lebih detail untuk menegakkan hasil.

Kelelahan ekstrem

Kelelahan yang ekstrem disebutkan bisa jadi sinyal hamil anak kembar, karena yang dikandung bukan lagi satu janin tapi setidaknya dua janin. Tapi ingat, rasa lelah selama kehamilan juga bisa disebabkan oleh hal-hal seperti kehamilan tunggal yang normal, stres, kesibukan pekerjaan dan banyak tanggung jawab lainnya.

Nafsu makan lebih

Nafsu makan yang lebih besar (termasuk penambahan berat badan ekstra lebih cepat) di masa-masa awal kehamilan juga dinilai bisa jadi salah satu ciri Anda sedang mengandung anak kembar. Selain itu, biasanya juga sang Ibu merasakan gerakan bayi di dua bagian perut yang berbeda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini