Share

Heboh Paris Fashion Week vs Paris Fashion Show, Kok Bisa Blunder?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 09 Maret 2022 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 09 194 2558669 heboh-paris-fashion-week-vs-paris-fashion-show-kok-bisa-blunder-sJuz4JDxUs.jpg Paris Fashion Week (Foto: StyleGods)

PARIS Fashion Week 2022 menjadi buah bibir banyak orang belakangan ini. Mungkin bisa dibilang, ini pertama kalinya pekan mode internasional dibicarakan luas di Indonesia.

Bukan soalan koleksi desainer top dunia yang menggemparkan Indonesia, tetapi kisruh soalan brand lokal yang gembar-gembor terlibat di Paris Fashion Week yang pada kenyataannya tidak. Ya, kabar seperti itu yang akhirnya bikin Paris Fashion Week seheboh ini sekarang.

Brand lokal memang sejatinya tampil di Paris, tapi mereka ternyata tidak menjadi bagian dari Paris Fashion Week. Mereka dinilai sebatas show di Paris. Itu kenapa diksi Paris Fashion Show pun kini ramai dibahas di media sosial.

Paris Fashion Week 2022

Akun TikTok @theonlybigguy, konten kreator yang banyak disimak konten-kontennya pun angkat bicara. Ia coba menjelaskan lebih sederhana kabar ini, pun soal kenapa suka banyak yang blunder campaign akhir-akhir ini.

BACA JUGA : Viral Geprek Bensu Klaim Tampil di Paris Fashion Week 2022, Ternyata Ini Faktanya!

Di awal pernyataan, pria brewokan tersebut mengaku sama kagetnya saat tahu bahwa brand lokal yang terbang ke Paris bukan ikutan Paris Fashion Week, melainkan hanya show di Paris.

"Jujur gue sendiri juga kaget banget masalah kasus Paris Fashion Week (PFW) ini yang gue pikir PFW beneran, di mana itu brand gede yang datang, ternyata itu hanya 'show' yang ada di Paris," kata si pria tersebut, dikutip MNC Portal, Rabu (9/3/2022).

"Jadi, show-nya (para desainer dan orang-orang Indonesia) diadakan bertepatan dengan Paris Fashion Week yang beneran," tambahnya.

BACA JUGA : Viral Brand Lokal Indonesia Nebeng Nama Paris Fashion Week, Begini Penjelasan Ketua Bakominfo Gekraf

Di video yang sudah ditonton 3 ribuan netizen tersebut, pria itu pun sedikit menjelaskan secara sederhana apa itu Paris Fashion Week.

Paris Fashion Week

Jadi, menurut paparannya, Paris Fashion Week itu berada di bawah naungan Federation de la haute Couture et de la Mode (FHCM). Isinya Gucci, Hermes, dan brand besar dunia lainnya.

"Tapi ini ada ayam geprek, skincare, parfume kok bisa masuk? Nah, ternyata brand lokal ini masuknya bukan ke PFW tapi memang Paris Fashion Show (PFS) atau show yang diadakan secara pribadi oleh mereka, kumpulan orangnya ada di bawah GEKRAFS, dan lakukan show di Paris bertepatan dengan PFW," paparnya.

Menjadi masalah dan akhirnya disorot publik, menurut si pria itu, karena brand-brand itu, beserta KOL yang ikut diterbangkan ke Paris bilang 'its PFW'.

"Itu yang digembar-gemborkan, jadi bagian dari gimmick marketingnya, yang notabene enggak bisa disamain," katanya.

GEKRAFS sendiri, menurutnya, juga sudah memberi pernyataan bahwa di momen PFW itu banyak acara lain di sekitarnya.

"Tapi yang gue enggak setuju, mereka percaya boleh bilang acara tersebut bagian dari PFW. Padahal, di website PFW sendiri, logo sampai kata Paris Fashion Week tidak boleh digunakan sembarangan, itu suatu kesatuan. Jadi gak bisa sembarang bilang, 'Oh itu Paris Fashion Week," ungkapnya tegas.

Ia melanjutkan, ada hal yang bikin dia begitu geram sama dengan orang kebanyakan adalah kenapa brand lokal ini nge-misleading-in kampanye ini.

Di video yang mendapat like nyaris 9 ribu itu, si pria brewokan tersebut juga bilang bahwa kini netizen Indonesia itu pintar dan cerdas. Jadi, enggak bisa lagi dibohongi dengan hal seperti ini.

"Fun facts! Netizen Indonesia sekarang sudah pada pinter, enggak bego lagi. (Akibatnya) Sekarang brand lokal ini diserang di komen Instagram mereka dan back fire buat brandnya," ungkapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini