Share

Ini Beda Paris Fashion Week dan Paris Fashion Show yang Bikin Geger

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 09 Maret 2022 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 09 194 2558739 ini-beda-paris-fashion-week-dan-paris-fashion-show-yang-bikin-geger-2RY7LcaukJ.jpg Paris Fashion Week berbeda dengan Paris Fashion Show (Foto: )

KLAIM brand lokal kuliner Indonesia ikut tampil di Paris Fashion Week 2022 membuat geger jagad maya. Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekraf) akhirnya mengklarifikasi bila acara yang mereka ikuti adalah Paris Fashion Show.

Klarifikasi langsung disampaikan Ketua Bakominfo Gekraf Riefian Fajarsyah alias Ifan Seventeen. Ifan mengatakan, sejak awal pihaknya memang tak pernah melakukan klaim untuk penyebutan Paris Fashion Week. Dia juga menegaskan bahwa Gekrafs tidak ikut andil dalam event utama Paris Fashion Week 2022 yang diselenggarakan oleh Fédération de la Haute Couture et de la Mode (FHCM), melainkan kegiatan off schedule selama Paris Fashion Week.

Ifan Seventeen

“That’s why kita menamakan acaranya Gekraf Fashion Show During Paris Fashion Week, dan itu sudah menjadi SOP kepada brand-brand dan desainer yang ikut melalui Gekrafs,” tegas Ifan dalam video, Selasa (8/3/2022).

BACA JUGA :  Viral Brand Lokal Indonesia Nebeng Nama Paris Fashion Week, Begini Penjelasan Ketua Bakominfo Gekraf

Lantas, apa sih bedanya Paris Fashion Week dengan Paris Fashion Show?

Paris Fashion Week sendiri merupakan salah satu dari gelaran pekan mode terbesar di dunia. Tiga gelaran lainnya adalah New York, Milan dan London.

Paris Fashion Week 2022

Paris Fashion Week digelar oleh Fédération de la Haute Couture et de la Mode (FHCM). FHCM berdiri sejak 1868 di bawah pengawasan Kementerian Industri Prancis yang memiliki misi utama mempromosikan budaya Prancis lewat fashion.

BACA JUGA : Viral Geprek Bensu Klaim Tampil di Paris Fashion Week 2022, Ternyata Ini Faktanya!

Lebih lanjut, FHCM terbagi menjadi 3 divisi, yaitu women's ready to wear (busana siap pakai wanita), men's ready to wear (busana siap pakai pria), dan haute couture (adibusana)

Pada Paris Fashion Week, ketiganya digelar dalam waktu berbeda setiap musimnya. Ada Spring/Summer dan Fall/Winter. Semua jenama atau desainer yang tampil di Paris Fashion Week merupakan anggota dari FHCM atau setidaknya pernah lolos pengkurasian dari divisi terkait.

PFW yang sedang berlangsung saat ini merupakan edisi Fall/Winter 2022, dari 28 Februari hingga Maret. Sebenarnya, ada dua jenama Indonesia yang secara resmi tampil di perhelatan ini, yaitu Sean Sheila dan Jewel Rocks.

Tercatat di kalender situs FHCM, keduanya berkesempatan menampilkan karya di showroom di Palais Brogniart dalam program 'Indonesian Designers in Paris by L'Adresse Paris Agency. Desainer yang menggelar fashion show di Paris dan berbarengan dengan Paris Fashion Week, tapi tidak tertera di kalender FHCM dipastikan tak berkaitan dengan PFW.

Paris Fashion Week

Selain itu, nama Paris Fashion Week sendiri sudah dipatenkan oleh FHCM. Karenanya, desainer atau jenama yang bukan dari FHCM tidak boleh sembarangan mengklaim mereka tampil di event Paris Fashion Week.

Untuk itu, Ifan Seventeen di Instagram story-nya meberikan saran bagi mereka yang tampil di Paris tapi bukan bagian dari PFW. Ifan mengatakan, cukup menyebut digelar di Paris tanpa embel-embel di atau saat Paris Fashion Week, atau cukup Paris Fashion Show.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini