Share

Hari Ginjal Sedunia 2022: Ini 8 Cara Cegah Penyakit Ginjal

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Kamis 10 Maret 2022 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 10 481 2559239 hari-ginjal-sedunia-2022-ini-8-cara-cegah-penyakit-ginjal-slUfxyG3ge.jpg Cara Cegah Penyakit Ginjal (Foto: Healthline)

HARI Ginjal Sedunia 2022 jatuh setiap Kamis pada minggu kedua bulan Maret. Diperingati hari ini di Indonesia dan dunia, 10 Maret 2022.

Hari Ginjal Sedunia diperingati meningkatan kesadaran betapa pentingnya menjaga organ vital yang satu ini. Fungsi ginjal sendiri banyak sekali, terutama dalam mencegah banyak risiko penyakit.

Ginjal mampu menyaring limbah dan cairan ekstra dari darah sehingga bisa dikeluarkan dari tubuh melalui urine. Ketika ginjal berhenti bekerja dan tidak dapat lagi melakukan fungsinya, kondisi ini disebut gagal ginjal atau penyakit ginjal kronik.

Hari Ginjal Sedunia

Apabila ginjal tidak berfungsi, kotoran menumpuk. Penyakit ginjal dapat dicegah dengan berbagai cara, kuncinya pola hidup sehat.

Dokter penyakit dalam konsultan ginjal hipertensi dr Tunggul Situmorang SpPD-KGH mengatakan hanya dengan delapan cara bisa mencegah penyakit ini.

Berikut delapan pola hidup sehat untuk mencegah penyakit ginjal, Kamis (10/3/2022).

1. Ketahui faktor risiko

Jika Anda menderita diabetes, tekanan darah tinggi, atau penyakit jantung, cara terbaik untuk melindungi ginjal dari kerusakan adalah dengan menjaga agar angka gula darah dan tekanan darah mencapai target.

BACA JUGA : Waspada! 8 Gejala Gagal Ginjal Ini Sering Tidak Anda Sadari

2. Jaga aktivitas fisik

Jadikan aktivitas fisik sebagai bagian dari rutinitas harian. Olahraga selama 30 menit atau lebih hampir setiap hari. Jika tidak aktif sekarang, tanyakan kepada dokter tentang jenis dan jumlah aktivitas fisik yang tepat untuk Anda.

BACA JUGA : Hari Ginjal Sedunia, Ini 5 Fakta Mengejutkan yang Terjadi di Indonesia

3. Biasakan makan sehat

Pilih makanan yang sehat untuk jantung dan seluruh tubuh Anda seperti buah-buahan segar, sayuran segar atau beku, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak atau bebas lemak. Makan makanan sehat, dan kurangi garam dan gula tambahan. Usahakan kurang dari 2.300 miligram natrium setiap hari dan kurang dari 10 persen kalori harian Anda berasal dari gula tambahan.

4. Jaga asupan cairan yang seimbang

Dehidrasi mengurangi aliran darah ke ginjal sehingga dapat merusaknya. Tanyakan kepada dokter berapa banyak air yang harus Anda minum per hari. Ada persepsi keliru yang beredar di masyarakat, yang mana minum banyak dapat menjaga kesehatan ginjal. Namun, yang tepat adalah minum cukup. 

5. Tidak mengonsumsi obat anti-nyeri

Dalam dosis tinggi, obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID) seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxen, mengurangi jumlah aliran darah ke ginjal yang dapat membahayakan ginjal.

6. Mengurangi stres

Stres dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti tekanan pekerjaan atau tuntutan hidup. Namun, mengurangi stres dan kecemasan dapat menurunkan tekanan darah. Ini baik untuk kesehatan ginjal.

7. Tidak merokok

Kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, termasuk masalah ginjal. Merokok mengurangi aliran darah ke ginjal. Ini merusak fungsi ginjal pada orang dengan atau tanpa penyakit ginjal.

8. Hindari alkohol

Tidak hanya merokok, kebiasaan minum alkohol juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit ginjal. Alkohol meningkatkan tekanan darah. Selain itu, kalori ekstra di dalamnya bisa membuat tubuh bertambah gemuk.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini