Share

Begini Cara agar Warna Rambut Lebih Tahan Lama Setelah Dicat

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 10 Maret 2022 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 10 611 2559241 begini-cara-agar-warna-rambut-lebih-tahan-lama-setelah-dicat-QallnXLHJs.jpg Merawat rambut. (Foto: Popsugar)

MEWARNAI rambut menambah rasa percaya diri seseorang dalam berpenampilan. Namun sayangnya jika rambut tak dirawat dengan benar rentan memicu kerusakan.

Kerusakan rambut tentu sangat merugikan dan membuat Anda tak nyaman. Paling sering disebabkan akibat proses pewarnaan yang membuat karena kondisi rambut yang menjadi lebih sensitif.

Saat rambut diwarnai, ternyata bisa memicu musuh besar. Yaitu air dan kelembapan udara, paparan sinar (terutama UV), dan adanya agresi eksternal seperti styling.

Ciri-ciri kerusakan rambut yaitu ujung bercabang dan mempercepat pemudaran warna, rambut kaku yang  disebabkan oleh zat pewarna (Color-Induced Frizz) membuat rambut kering, kasar dan terlihat kusam, serta oksidasi rambut (Hair Oxidation) yang menyebabkan rambut berubah berwarna menjadi kemerahan/ tembaga.

Perwakilan Kerastase Indonesia Reny Agustia mengatakan, meski rentan memicu kerusakan rambut, nyatanya masyarakat masih gemar melakukan pewarnaan rambut dan terus berkembang di Indonesia. Sebanyak 71% dari orang Indonesia melakukan pewarnaan dalam 12 bulan terakhir ini.

Rambut

"Kerusakan rambut akibat proses pewarnaan kerap menjadi kekhawatiran utama dari 62% orang yang membuat mereka dilema sebelum melakukan pewarnaan. Mereka mencari cara untuk mengurangi tanda kerusakan pada rambut setelah diwarnai," ujarnya dalam keterangan tertulis Chroma Absolu.

Hairdresser & Owner Lie Kuang Salon & Co Salon Lie Kuang menambahkan, pemilihan haircare menjadi hal yang penting diperhatikan, sebagai kunci untuk mengurangi tanda kerusakan pada rambut. Pada akhirnya mempengaruhi keindahan dan  ketahanan warna.

"Haircare yang disarankan tentu mengandung bahan aktif yang dapat menjaga kesehatan rambut diwarnai," katanya.

Penelitian yang dilakukan oleh Kerastase menemukan bahwa kandungan acid ternyata tidak hanya bermanfaat untuk perawatan wajah, namun juga baik untuk perawatan rambut yang diwarnai.

Kandungan acid membantu merangsang pergantian sel dan membantu memperbaiki tekstur. Selain itu dapar memperkuat rambut dari dalam dan mengurangi porositas, serta akan mengurangi agresi eksternal yang mempercepat perubahan warna rambut.

Sekaligus membuat rambut lebih lembut bercahaya, juga dapat melapisi kutikula untuk mengurangi kusut dan membuat rambut tampak lebih berkilau.

Haircare yang mengandung acid cocok digunakan baik untuk wanita dan pria. Lebih cocok lagi untuk mereka yang menyukai warna dingin seperti pirang atau blonde.

Namun sebelum memakai, alangkah baiknya konsultasi ke salon terlebih dahulu. Kemudian baru bisa menentuk rangkaian  perawatan yang paling tepat yang dibutuhkan oleh rambut indah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini