Share

Deretan Warna yang Malah Gampang Bikin Depresi, Jangan Buat Cat Rumah Ya

Tim Okezone, Okezone · Kamis 10 Maret 2022 20:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 10 612 2559735 deretan-warna-yang-malah-gampang-bikin-depresi-jangan-buat-cat-rumah-ya-B7P2qeksyV.jpg Ilustrasi Warna Rumah. (Foto: Highend)

MENGGANTI warna cat mungkin menjadi salah satu cara untuk membuat rumah Anda terlihat lebih fresh. Kebanyakan, akan membuat warna rumah seseuai dengan warna kesukaannya.

Namun tahukah Anda bahwa warna cat pada rumah dapat memengaruhi suasana dan perasaan hati Anda. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui warna cat apa yang cocok dan tidak cocok untuk diaplikasikan di rumah Anda.

Dilansir dari Real Simple, berikut beberapa warna cat rumah yang ternyata dapat menurunkan mood bahkan memberikan dampak negatif seperti stressed-out bahkan depresi.

Merah

Warna Rumah

Pakar Psikologi, Desain Amber Dunford, mengatakan bahwa warna merah merangsang detak jantung dan sistem pernafasan bekerja lebih cepat dari biasanya serta mengaktifkan kelenjar pituitari kita. Kelenjar pituitari adalah kelenjar pengendali yang mengontrol berbagai aspek tubuh manusia, jika terlalu aktif hal ini dapat menyebabkan stres. Oleh karena itu tidak disarankan untuk mengaplikasikan cat warna merah terlalu banyak pada ruangan.

Rona Cerah

Warna Rumah

Ruangan dengan rona cerah ternyata juga dapat memberikan dampak negatif untuk. Dunford mengatakan bahwa menggunakan beberapa warna cerah di ruang yang sama dapat memicu kepanikan dan meningkatkan stres. Tidak hanya itu, kombinasi penggunaan warna cerah di ruangan yang kecil dan mungil bahkan dapat memicu terjadinya sakit kepala total.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

Putih

Warna

Siapa sangka bahwa warna yang paling identik dengan minimalis ini dapat memicu kecemasan berlebih. Dunford mengatakan bahwa penggunaan cat warna putih berlebih pada ruangan dapat membuat perasaan cemas. Meski begitu bukan berarti Anda sama sekali tidak dapat menggunakan warna putih untuk ruangan Anda.

Dunford merekomendasikan penggunaan cat warna putih yang dapat diaplikasikan dengan memberikan nuansa yang berbeda atau dengan memberikan variasi warna seperti menambahkan aksen cream atau menciptakan skema warna monokromatik.

Untuk mengatasinya, Anda mungkin bisa mengaplikasikan warna-warna calming yang dapat memberikan perasaan tenang dan rileks, seperti warna hijau sebagai representasi dari alam yang dapat memberikan sejuk dan tenang.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini