Share

Singkirkan Flek Hitam dan Jerawat, Andalkan Skincare dengan Kandungan Ini

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 12 Maret 2022 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 11 611 2560242 singkirkan-flek-hitam-dan-jerawat-andalkan-skincare-dengan-kandungan-ini-j9GZDvw3ku.jpg Skincare kandungan tertentu singkirkan jerawat (Foto: Timesofindia)

BEBERAPA skincare yang terdapat kandungan glycolic acid di dalamnya, dapat membantu perawatan kulit wajah Anda terhindarkan dari flek hitam, jerawat dan masalah kulit lainnya, sehingga membuat hasilnya jadi glowing.

Ahli dermatologi sekaligus kreator konten dr. Danar W., SpDV mengatakan, apabila Anda menemukan kandungan glycolic acid di dalam skincare, maka sebaiknya tidak dikombinasikan dengan penggunaan produk yang mengandung bahan exfoliant lainnya.

Lebih lanjut dr. Danar menjelaskan, glycolic acid sebenarnya merupakan bahan yang cukup serbaguna, karena bisa dikombinasikan dengan hampir seluruh rangkaian skincare. Akan tetapi jika yang baru memulai produk skincare, sementara hindari dicampur dengan kandungan lain.

Skincare

"Cuma sebagai dermatolog, mungkin aku akan menyarankan teman-teman yang baru mulai dengan glycolic acid, hindari penggunaan bahan-bahan skincare yang mengandung exfoliant lainnya," katanya dalam peluncuran Glycolic Bright dari L'Oréal Paris secara virtual, baru-baru ini.

BACA JUGA : 6 Cara Alami Hilangkan Flek Hitam di Wajah Akibat KB

Ia menambahkan, biasanya di dermatologi approachnya start slow go slow. Pertama-tama bisa mulai dengan dosis yang rendah dulu. Setelah itu baru bisa ditingkatkan lagi. Hindari penggunaan skincare lainnya, di mana yang mungkin mengandung exfoliant dari bahan lain, dari asam-asam lainnya.

BACA JUGA : 4 Tips Merawat Kecantikan Kulit di Usia 30-40 Tahun

Selain itu, kata Danar, kandungan glycolic acid aman digunakan hingga 5 persen, khususnya dalam rangkaian produk perawatan. Namun untuk mengurangi risiko yang nantinya akan terjadi pada kulit, ia menyarankan untuk menggunakan cukup 1 persen dari kandungan tersebut.

Hal ini dikarenakan, kandungan 1 persen pun sudah terbukti cukup efektif untuk mengatasi masalah kulit. Misalnya, flek hitam memudar, menghilangkan kulit kusam hingga tanda-tanda penuaan lainnya akibat paparan sinar UV, serta faktor lain.

Danar juga mengatakan, semakin rendah konsentrasinya, otomatis efek samping yang muncul juga akan lebih rendah. Oleh karenanya, 1 persen kandungan glycolic acid sudah cukup.

"Dan teman-teman bisa mulai dengan start slow go slow. Kita mulai dengan 1 hari dipakai malam, dan kalau kulit sudah mentolerir dengan baik, kita bisa tingkatkan jadi 2 kali sehari digunakan di pagi dan malam hari, " tuturnya.

Tak hanya kulit kusam dan flek hitam saja, kandungan glycolic acid juga bisa mengusir jerawat, lho. Serta dapat dipakai bagi Anda yang memiliki kulit sensitif.

"Karena banyak sekali masalah-masalah kulit yang bisa diselesaikan dengan cara mengelupas kulit mati di bagian atas. Sebagaimana kita ketahui, jerawat ini salah satu prosesnya adalah terjadi penyumbatan di pori-pori," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini