Share

Intip Makanan Khas Keraton Yogyakarta yang Biasa Disajikan untuk para Sultan

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 14 Maret 2022 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 14 298 2561169 intip-makanan-khas-keraton-yogyakarta-yang-biasa-disajikan-untuk-para-sultan-0eEL1URFOP.jpg Sekul Blawong makanan khas para Raja Keraton Yogyakarta (Foto: YouTube/Official iNews)

JALAN-jalan ke Yogyakarta tak lengkap rasanya kalau tak mengunjungi Keraton. Melihat keindahan tempat bernaungnya Sultan ini mengundang rasa penasaran, makanan apa saja yang biasa disajikan?

Untuk menuntaskan rasa penasaran tersebut, kalian bisa mengunjungi Resto Bale Raos di Keraton Yogyakarta. Berdiri sejak 2004, Bale Raos menjadi restoran yang menyajikan makanan khas para Raja Keraton Yogyakarta, mulai dari Sultan Hamengkubuwono VII hingga Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Keraton Yogyakarta

Bangunan resto ini mengusung konsep arsitektur jawa yang sangat kental. Mulai dari bangunan depan menyerupai pelengkung gading, hingga bangunan Joglo yang membuat suasana Keraton begitu terasa. Saat masuk ke resto, pengunjung langsung disambut alunan suara gending Jawa.

"Bale Raos ini pertama kali idenya, Keraton ingin melestarikan. Karena kekayaan kuliner yang ada di Keraton itu salah satu budaya," ujar pemilik Resto Bale Raos, Toyo Suharto yang dikutip dari tayangan iNews Siang, YouTube Official iNews, Minggu (13/3/2022).

Makanan para Sultan Yogyakarta

Di resto ini, terdapat 70 menu yang disajikan dengan harga bervariasi, mulai belasan ribu hingga ratusan ribu Rupiah. Reporter iNews TV, Anisa Ryzqya mulai mencicipi hidangan yang disajikan.

"Makanan pertama ini adalah Sekul Blawong set. Nasi Sekul Blawong set ini saya padukan dengan potongan daging atau disebut Lombok Kethok," jelasnya.

Sekul Blawong

"Nasi gurihnya enak banget. Jadi perpaduan nasi putih dan nasi merah dibumbui dengan Blawong. Emang tak perlu diragukan lagi makanan khas Sultan yang ada di Bale Raos Yogyakarta. Dengan cita rasa yang khas, dan tentunya tidak akan ditemukan di resto lainnya," ungkap Anisa Ryzqya.

BACA JUGA : 15 Tempat Makan Enak di Stasiun Lempuyangan Yogyakarta, Enak dan Harganya Terjangkau!

BACA JUGA : 15 Nasi Goreng Enak di Yogyakarta Paling Hits, Dijamin Ketagihan!

Sementara, pengunjung yang datang juga tidak hanya dari Yogyakarta. Salah satu turis asal Jakarta mengaku mengunjungi Bale Raos karena penasaran.

"Kalau kita memang mencari restoran yang menunya otentik Jawa. Apalagi di sini katanya chef Sultan dan semua makanannya kesukaan Sultan dari zaman dulu," kata Ramona Napitupulu, pengunjung asal Jakarta.

Di masa pandemi, restoran membatasi jumlah pengunjung sesuai peraturan pemerintah. Sedangkan jam operasional, Bale Raos buka dari 11 siang hingga jam 9 malam.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini