Share

Sering Tak Disadari, 4 Minuman Ini Dapat Merusak Ginjal

Tim Okezone, Okezone · Selasa 15 Maret 2022 20:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 14 298 2561552 sering-tak-disadari-4-minuman-ini-dapat-merusak-ginjal-YLuIQgMZjC.jpg Ilustrasi Minum Air. (Foto: Shutterstock)

TUBUH manusia memang sebagian besar terdiri dari cairan, oleh karena itu seseorang memang butuh mengonsumsi air setiap hari. Jika kekurangn cairan, maka tubuh rentan berisiko dehidrasi dan membuat tubuh tidak berfungsi dengan baik.

Karenanya, orang dewasa membutuhkan sekira 8 gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter. Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh yaitu sekitar 20 persen.

Tapi, tanpa disadari mengkonsumsi minuman yang tidak sehat malah berpotensi merusak ginjal. Kami merangkum empat jenis minuman apa saja yang dapat merusak fungsi ginjal. Berikut ulasannya.

Minuman Bersoda

Minuman Bersoda

Minuman bersoda mengandung banyak bahan-bahan kimia yang memberi tekanan lebih pada fungsi organ ginjal. Menurut studi dari Tehran Lipid and Glucose menemukan, bahwa orang yang mengonsumsi minuman soda memiliki risiko menderita penyakit ginjal kronis yang lebih besar.

Minuman Beralkohol

Minuman Beralkohol

Mengonsumsi alkohol juga bisa menyebabkan masalah kesehatan organ lain tidak hanya ginjal. Dengan meminumnya secara berlebihan akan berdampak negatif pada fungsi ginjal yang menyebabkan gagal ginjal.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Kafein

Kafein

Kafein terdapat dalam minuman kopi dan teh. Jika Anda terlalu berlebihan mengonsumsi minuman berkafein bisa menimbulkan penyakit ginjal kronis ditambah juga batu ginjal. Oleh karena itu Anda lebih baik mengonsumsi kafein sewajarnya saja, jangan dijadikan kebiasaan.

Minuman Kemasan

Minuman Kemasan

Minuman kemasan ini mengandung gula yang cukup tinggi, sehingga dapat merusak dan mengganggu fungsi ginjal. Orang yang rutin minum-minuman manis akan memiliki risiko penyakit ginjal, dibanding mereka yang tidak menyukai minuman manis.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini