Share

6 Makanan yang Ampuh Percepat Penyembuhan Demam Berdarah

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 14 Maret 2022 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 14 481 2561283 6-makanan-yang-ampuh-percepat-penyembuhan-demam-berdarah-5FbrrGxK3B.jpg Ilustrasi Demam Berdarah. (Foto: Shutterstock)

MUSIM pancaroba memang biasanya mendatangkan banyak penyakit. Salah satu penyakit yang sering terjadi ketika musim pancaroba ini adalah demam berdarah.

Demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyakit endemi yang terjadi ketika banyak genangan air yang tidak dibersihkan. Pasalnya, genangan air tersebut bisa menjadi tempat bersarang untuk nyamuk.

Penyakit DBD tersebut merupakan virus yang dibawa oleh nyamuk. Ini biasanya terjadi di daerah tropis dan subtropis. Virus dengue ditularkan oleh nyamuk spesies Aedes aegypti.

Orang yang terinfeksi virus dengue dapat mengalami nyeri hebat, demam tinggi, sakit kepala, mual, hingga komplikasi medis yang parah. Paramedis menanganinya berupa dengan cairan dan pereda nyeri.

Seiring melakukan tindakan pencegahan seperti penggunaan obat nyamuk, mengurangi genangan air, dan mengenakan pakaian yang tertutup, Anda juga bisa membantu dengan mengonsumsi asupan makanan atau minuman sehat.

Demam berdarah

Seperti dilansir Times of India, berikut enam asupan yang bisa mempercepat proses penyembuhan sakit demam berdarah dengue.

Daun pepaya

Daun pepaya dikenal karena sifat antimalaria dan penyembuhannya yang dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh. Ambil dua lembar daun pepaya segar, hancurkan, dan peras ekstrak sarinya.

Bubur

Bubur yang sehat berpotensi menjaga kekuatan tubuh bagian dalam, mudah ditelan dan dicerna, serta memiliki nutrisi efektif yang dapat membantu mencegah virus.

Brokoli

Brokoli dapat membantu menghasilkan trombosit darah, karena dikemas dengan vitamin K dan sifat antioksidan.

Buah kiwi

Buah ini mengandung banyak vitamin A, vitamin E, bersama dengan potasium untuk menyeimbangkan elektrolit tubuh dan membatasi tekanan darah tinggi. Buah kiwi yang juga kaya akan tembaga dapat membantu membangun sel darah merah yang sehat dan memastikan kekebalan tubuh yang tahan lama.

Air kelapa

Dengan semua mineral dan elektrolit yang diperlukan, air kelapa dapat mengisi kembali tubuh dengan semua cairan yang hilang.

Delima

Delima adalah sumber yang kaya zat besi dan sangat bermanfaat bagi darah. Mulai memberi tubuh energi maksimal hingga mempertahankan jumlah trombosit darah yang normal. Ini dapat membantu mengurangi kelelahan saat menderita demam berdarah dengue (DBD).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini