Share

Buat Desain Interior Keren, Mahasiswa Indonesia Ini Dapat Rp143 Juta di Harvard Berkat Ini

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 14 Maret 2022 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 14 612 2561329 buat-desain-interior-keren-mahasiswa-indonesia-ini-dapat-rp143-juta-di-harvard-berkat-ini-7qonTdQuPo.png Angelica Ayu Laras Kinanti. (Foto: AYDA)

HARMONISASI emosi dan jiwa tak luput dari ide-ide desainer interior serta arsitektur muda untuk menggambarkan lingkungan sekitar. Misalnya saja warung tenda ikan manyung bisa diubah dengan desain modern dan lebih bersih loh.

Ya, Angelica Ayu Laras Kinanti, mahasiswi Institut Teknologi Bandung dan Daniel Jansen Harianto, mahasiswa UNIKA Soegijapranata mencoba menuangkan idenya dalam membuat desain interior dengan melihat lingkungan sekitar. Bahkan mereka juga mengharumkan nama Indonesia kompetisi desain interior internasional, ajang Asia Young Designer Awards Summit 2022.

Daniel Jansen Harianto menjadi juara kategori arsitektur dengan karya “Smoked County Relish" bangga atas pencapaiannya. Uniknya arsitek muda ini mengubah warung ikan manyung yang tradisional diusung menjadi kekinian.

 Desain

Ia menggambarkan tiga pengunjung warung yang menikmati hidangan manyung. Lalu ada satu ibu penjual yang setia melayani pelanggannya.

Nampaknya Daniel ini mengubah warung tenda manyung menjadi estetik. Dia menuangkan ide-ide cemerlangnya di sini.

Tak cukup satu capaian, dia juga ingin membawa nama baik Indonesia lagi di ajang serupa.

"Terima kasih sudah membantu saya, terutama memberikan kesempatan dan perspektif baru untuk project saya lebih baik lagi. Saya mohon restu agar dapat membawa nama Indonesia di tingkat berikutnya," kata Daniel dalam keterangannya.

Lalu Angelica di ajang ini menuangkan idenya dalam desain interior dengan karya bertajuk “Traditional Medicine Centre (RAMU)”. Ruangan yang dibuat berupa dining area dengan sentuhan desain kekinian.

Desain

Siapapun yang melihat akan jatuh hati. Apalagi kalau desain itu diwujudkan menjadi ruang nyata untuk berekspresi.

Sangat terharu, diakui Angelica karena bisa menyabet gelar juara ini. Terlebih dia pun bisa membawa nama Indonesia di kancah internasional.

”Saya ucapkan terima kasih kepada judges atas masukan yang sangat insightful selama coaching session," ungkapnya.

Beruntungnya, mereka menjadi gold winner dalam ajang bergengsi internasional itu dan berhak mendapatkan beasiswa senilai USD10,000 atau Rp143 juta di Harvard Graduate School of Design (GSD) di Boston, Massachusetts, United States loh.

Ternyata ajang ini tak sekadar cari popularitas dan hadiah semata loh. CEO (Decorative Paints) Nippon Paint Indonesia Jon Tan mengatakan, ajang ini juga untuk menanamkan empati (bagi manusia dan lingkungan) ke dalam desain.

"Ini semua untuk mencapai keseimbangan antara kemanusiaan dan pelestarian alam yang tentunya dapat menjadi solusi inovatif masa kini dan mendatang,” ujar Jon Tan dalam keterangan tertulisnya.

Ya, karena sesuai dengan tema tahun ini "Forward: Amplifying Empathy Through Design”. Diterangkannya, bagaimana desainer menjawab tantangan saat ini, yaitu memberikan ruang yang memiliki kemampuan untuk melayani berbagai fasad.

"Semua membantu kebutuhan pengguna secara emosional, sosial di kalangan anak muda," tutup dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini