Share

Hindari Diabetes, Ini 5 Makanan yang Bisa Jadi Pengganti Nasi Putih

Muhammad Sukardi, Okezone · Selasa 15 Maret 2022 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 15 298 2562035 hindari-diabetes-ini-5-makanan-yang-bisa-jadi-pengganti-nasi-putih-ZE5LobtDT2.jpg Ilustrasi Nasi Putih. (Foto: Shutterstock)

DIABETES memang menjadi salah satu penyakit yang banyak menyerang orang Indonesia. Kebiasaan makan nasi pun menjadi salah satu penyebab penyakit tersebut terus mengalami lonjakan.

Memang, satu piring nasi putih mengandung 2 persen lemak, 89 persen karbohidrat, serta 9 persen protein. Makanan tersebut sangat mudah dicerna oleh tubuh, sehingga kadar gula darah dan insulin dapat melonjak dengan cepat. Seiring waktu, ini bisa menyebabkan diabetes.

Karena itu, banyak orang mulai beralih dari nasi putih yang rasanya masih bisa dinikmati lidah dan nafsu makan tetap tinggi. Dilansir dari Medical News Today dan Rappler, berikut ulasan selengkapnya.

Ubi

Jika Anda sulit melepaskan nasi putih karena ada sensasi manis yang tak tergantikan dibandingkan jenis nasi lainnya, maka Anda bisa beralih ke ubi sebagai penggantinya. Ubi tak hanya manis, tetapi memiliki tekstur yang lebih lembut dan kandungan gizinya dianggap lebih aman daripada nasi putih. Vitamin C dan A yang terkandung di ubi menjadi daya tarik yang tak dimiliki nasi putih.

Nasi putih

Kentang

Kentang menjadi sumber karbohidrat yang banyak dipakai orang untuk menggantikan nasi putih. Itu kenapa di rumah makan, banyak ditawarkan menu alternatif pengganti nasi putih adalah kentang.

Kentang dengan porsi 100 gram itu mengandung 74 kalori, 2 gram protein, 17,6 gram karbohidrat, dan 1,4 gram serat total. Menariknya, kentang bisa diolah menjadi menu yang sangat bervariasi.

Kembang kol

Tahukah Anda bahwa kembang kol bisa jadi pengganti nasi yang kaya akan serat dan enak di lidah. Bicara soal kadar karbohidrat, kembang kol itu diklaim sangat rendah kalori yaitu hanya 25 kalori.

Tak hanya rendah kalori, kandungan mineral dan vitamin dalam kembang kol juga dianggap mampu melengkapi kebutuhan gizi harian Anda. Makanan ini dijamin rasanya enak.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Shirataki

Shirataki kini mulai banyak diminati orang-orang dunia. Profil rendah karbohidrat dan kalori, serta kaya akan serat glukomanan menjadi alasan panganan ini dianggap tepat menggantikan nasi putih.

Shirataki sendiri terbuat dari akar konjak yang diproses sedemikian rupa menjadi butir-butir menyerupai nasi. Satu porsi shirataki (100 gram) itu mengandung hanya 10 kalori dan 5 gram karbohidrat. Tak ada protein sama sekali di panganan ini.

Nasi coklat

Meskipun masih berupa nasi, tapi nasi coklat dianggap sebagai alternatif pengganti nasi putih yang tetap enak di lidah. Menurut Harvard, indeks glikemik nasi coklat itu lebih rendah dibanding nasi putih. Ini kenapa penderita diabetes banyak yang beralih ke jenis nasi yang satu ini. Tinggi serat juga jadi alasan lain nasi coklat banyak dipilih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini