Share

6 Cara Memilih Semangka yang Matang dan Manis, Biar Gak Zonk!

Wilda Fajriah, Okezone · Selasa 15 Maret 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 15 298 2562136 6-cara-memilih-semangka-yang-matang-dan-manis-biar-gak-zonk-2TTtzTJvql.jpg Cara memilih semangka yang matang (Foto: Real Simple)

CARA memilih semangka yang matang penting untuk Anda ketahui sebelum membelinya. Semangka yang matang akan terasa manis, jadi tidak zonk saat membawanya ke rumah!

Berikut adalah 6 cara memilih semangka yang matang dan manis dikutip dari situs Real Simple, Selasa (15/3/2022). 

Perhatikan garis-garisnya

Cara Memilih Semangka yang Matang

(Cara Memilih Semangka yang Matang, Foto: Realsimple)

Pewarnaan semangka membantu menunjukkan kematangan buah. Anda harus memilih semangka yang memiliki pola garis yang kuat dan konsisten. Garis-garis semangka harus berwarna hijau tua yang dalam, sedangkan garis-garis yang muda berwarna kuning muda atau krem. Selain itu, Anda mungkin ingin memilih semangka yang tampak kusam. Jika semangka sangat mengkilat, kemungkinan belum matang.

BACA JUGA : Rasulullah Sangat Suka Makan Buah Semangka, Ternyata Ini Alasannya

Perhatikan noda titik pada kulit

Mungkin salah satu indikator terpenting kualitas semangka adalah titik bidang pada kulit. Periksa semangka Anda dan temukan bintik besar yang berubah warna di permukaan, juga dikenal sebagai field spot.

Tanda ini menunjukkan di mana semangka duduk di tanah saat matang. Sebagai aturan praktis, warnanya harus krem ​​​​dan kuning. Jika warnanya putih atau kuning muda, Anda mungkin ingin memilih yang lain.

BACA JUGA : 5 Alasan Ibu Hamil Perlu Rajin Makan Semangka

Periksa batangnya.

Untuk memilih semangka yang memiliki waktu yang cukup untuk matang, Anda harus memeriksa batangnya yang harus kering dan berwarna kuning kecokelatan. Batang hijau mungkin menandakan bahwa semangka belum matang dan kurang manis.

Ketuk semangka

Meskipun sesama pembeli bahan makanan mungkin memberi Anda tatapan ingin tahu, mengetuk semangka dapat membantu Anda memilih yang terbaik. Ketuk buah Anda dengan lembut dan dengarkan suaranya.

Jika nada terdengar dalam dan cekung, itu menunjukkan bahwa buah memiliki lebih banyak air dan kemungkinan lebih matang. Sebaliknya, jika ketukan Anda terdengar lebih padat, itu mungkin pertanda bahwa kulit Anda terlalu tebal dan buah Anda belum matang sepenuhnya ke kondisi optimalnya.

Bintik-bintik adalah pertanda baik

Bintik-bintik pelapukan kering dan garis anyaman seperti vena adalah indikator bagus dari semangka ekstra manis. Bintik-bintik ini menunjukkan di mana gula telah merembes keluar dari buah. Jadi, pastikan untuk memeriksa semua sisi semangka Anda sebelum Anda berkomitmen pada satu sisi.

Pilih yang terberat untuk ukurannya

Cara Memilih Semangka yang Matang

(Cara Memilih Semangka yang Matang, Foto: Realsimple)

Dapatkan latihan cepat saat Anda berbelanja dan angkat semangka di toko untuk memilih yang sempurna. Saat diangkat, mereka akan terasa lebih berat dari yang terlihat. Semakin padat ukurannya, semakin tinggi kadar airnya, menghasilkan semangka yang lebih manis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini