Share

Kenali 4 Jenis Obat Batuk Pilek yang Aman untuk Ibu Hamil

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 15 Maret 2022 16:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 15 481 2562001 kenali-4-jenis-obat-batuk-pilek-yang-aman-untuk-ibu-hamil-ogakYu2tS9.jpg Ilustrasi Ibu Hamil. (Foto: Shutterstock)

KETIKA hamil seorang ibu memang tidak boleh mengonsumsi sembarang obat. Pasalnya, konsumsi obat bisa memengaruhi pertumbuhan dan kesehatan janin secara langsung.

Tapi, terkadang selama masa kehamilan sang ibu akan mengalami beberapa penyakit, baik yang parah maupun yang tidak. Mungkin, mereka hanya mengalami batuk pilek ringan yang dapat diatasi oleh banyak obat. Tapi, bolehkah ibu hamil mengonsumsi obat tersebut?

Seperti dijelaskan laman Healthline, menurut University of Michigan Health System dan banyak dokter Obgyn, usia kehamilan 12 minggu pertama itu tidak disarankan mengonsumsi jenis obat apapun.

"Di rentan waktu tersebut, proses perkembangan organ vital tengah terbentuk dan usahakan tidak ada obat-obatan yang dikonsumsi untuk menghindari risiko pada janin," terang laporan tersebut, dikutip MNC Portal.

Tapi, kalau janin sudah berusia di atas 12 minggu, obat-obatan tertentu untuk batuk pilek dianggap bisa beradaptasi dengan janin yang dikandung si bumil. Seperti:

Ibu hamil

- Balsem menthol yang dapat diaplikasikan di dada, pelipis mata, atau bawah hidung

- Obat batuk atau pelega tenggorokan

- Acetaminophen (Tylenol) jika ada rasa nyeri, sakit, atau demam

- Obat batuk yang diminum malam hari

- Dextromethorphan (Robitussin) dan Dextromethorphan-guaifenesin (Robitussin DM)

"Tidak disarankan buat ibu hamil mengonsumsi obat yang mengklaim atasi banyak gejala sekaligus, tapi pilihlah obat yang spesifik menangani gejala," poin penting dari laporan medis tersebut.

Pada beberapa kasus, ibu hamil tidak disarankan meminum obat batuk pilek yang mengandung aspirin, ibuprofen, naproxen, kodein, atau bactrim (antibiotik). Tapi, kalau sudah sesuai resep dokter maka ada pengecualian di sana.

"Itu kenapa penting sekali untuk dicek kondisi kesehatan dengan dokter, karena obat yang akan diminum sudah dipertimbangkan dengan baik, bukan karena diagnosa sendiri," tambah laporan itu.

Jika Anda bumil yang tidak begitu suka dengan obat-obatan, maka resep herbal tidak masalah untuk dicoba. Tapi ingat, jangan jadikan resep herbal sebagai satu-satunya terapi, jadikan terapi herbal sebagai pelengkap.

Dijelaskan di sana bahwa salah satu kunci kesembuhan batuk pilek saat hamil adalah pastikan istirahat yang cukup. Selain itu, perbanyak minum air putih. Jika diperlukan, tambahkan rutinitas kumur-kumur dengan air garam hangat jika tenggorokan terasa sakit dan batuk cukup mengganggu.

Kalau soal apa yang bisa dikonsumsi, disarankan untuk bumil menambahkan madu sebagai tambahan menu makanan. Kemudian, makan sup ayam juga dipercaya bisa meningkatkan imun tubuh dan meredakan peradangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini