Share

5 Fakta Wedang Jahe, Jamuan Jokowi untuk Pembalap MotoGP di Istana

Helmi Ade Saputra, Okezone · Rabu 16 Maret 2022 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 16 298 2562590 5-fakta-wedang-jahe-jamuan-jokowi-untuk-pembalap-motogp-di-istana-sYBZDcoTCG.jpg Wedang jahe salah satu jamuan Jokowi untuk pembalap MotoGP di Istana (Foto Ilustrasi: Cookpad)

PRESIDEN Jokowi baru saja melepas parade pembalap MotoGP di Istana Merdeka, Rabu (16/3/2022). Sebelumnya, Marc Marquez dkk dijamu oleh Jokowi di Istana menikmati sarapan.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengungkapkan sebelumnya, sarapan yang disajikan bukan menu berat melainkan camilan-camilan serta rebusan dan juga minuman wedang jahe.

"Minuman jahe, teh, kue, rebus-rebusan," ungkapnya.

Jokowi dan Pembalap MotoGP

Para pembalap MotoGP menyeruput hidangan wedang jahe sembari menunggu giliran berfoto dengan Jokowi. Terlepas dari momen tersebut, ada beberapa fakta tentang wedang jahe. Berikut fakta-fakta wedang jahe yang dikutip dari Daily Cooking Quest dan Indonesian Eats.

Asal

Wedang Jahe

(Foto Ilustrasi: Cookpad)

Wedang jahe adalah hidangan minuman sari jahe tradisional dari daerah Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur. Umumnya, wedang jahe disajikan hangat atau panas, karenanya biasanya populer di musim hujan atau malam hari.

BACA JUGA : Pembalap MotoGP Dihidangkan Wedang Jahe di Istana

BACA JUGA : 6 Potret Jokowi Sambut Pembalap MotoGP, Gayanya Tak Kalah Keren dari Marc Marquez Dkk!

Arti nama

Wedang sendiri adalah istilah dalam bahasa Jawa yang berarti minuman panas. Walaupun tanpa kanduungan kafein, minuman ini sering kali disajikan dan dinikmati seperti teh.

Sering disebut teh jahe

Wedang jahe juga kadang disebut sebagai teh jahe. Meski begitu, minuman hanget ini sama sekali tidak mengandung daun teh lho.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Bahan-bahan

Minuman ini dibuat dari irisan jahe segar, gula jawa atau gula batu yang dicampur ke dalam air panas. Terkadang rempah-rempah seperti daun pandan, batang sereh, cengkih, atau kayu manis juga digunakan untuk menambah aroma. Ada juga yang biasanya menambahkan susu segar atau kental manis.

Baik untuk kesehatan

Wedang jahe dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jahe mengandung banyak manfaat untuk memperbaiki sistem pencernaan, menghilangkan mual, dan juga mengandung antioksidan tinggi.

Sereh baik untuk pencernaan, mencegah tekanan darah tinggi, menyembuhkan flu dan pilek serta kaya antioksidan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini