Share

Perbedaan Jeruk Nipis dan Jeruk Limau, Jangan Sampai Keliru Waktu Beli!

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 16 Maret 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 16 298 2562779 perbedaan-jeruk-nipis-dan-jeruk-limau-jangan-sampai-keliru-waktu-beli-ttKI6JHtMl.jpg Perbedaan Jeruk Nipis dan Jeruk Limau (Foto: Timesofindia)

PERBEDAAN jeruk nipis dan jeruk limau, kira-kira apa saja ya? Keduanya memang sekilas mirip, tetapi pastinya berbeda lho.

Jeruk nipis dan jeruk limau memiliki perbedaan dari segi bentuk, ukuran, warna dan rasa. Berikut ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Bentuk

Perbedaan Jeruk Nipis dan Jeruk Limau

(Perbedaan Jeruk Nipis dan Jeruk Limau, Foto: Timesofindia)

Jeruk nipis berwarna hijau, terkadang ada juga yang berwarna hijau kekuningan. Bentuk buahnya bulat, tekstur kulitnya halus. Bulir-bulirnya berwarna kuning kehijauan cerah, mempunyai kandungan air yang banyak. Pohonnya mencapai tinggi 6.5 - 13 meter.

Sedangkan jeruk limau ukuran buahnya lebih kecil daripada jeruk nipis. Tekstur kulit buahnya agak kasar, tidak halus seperti jeruk lemon dan jeruk nipis. Buah jeruk limau mempunyai diameter tak lebih dari 2.5 cm atau hanya setengah dari diameter buah jeruk nipis. Bulir-bulirnya cenderung kecil, berwarna hijau muda, dan mempunyai biji buah yang cukup banyak.

BACA JUGA : Manfaat Jeruk Nipis, Salah Satunya Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Cita Rasa

Jeruk nipis memiliki cita rasa yang cenderung asam, sedikit pahit dan mempunyai sensasi rasa dingin. Sedangkan, jeruk limau rasanya cenderung lebih asam dan kecut, namun mempunyai aroma yang segar.

BACA JUGA : 4 Manfaat Jeruk Nipis, Salah Satunya Meremajakan Kulit

Guna

Jeruk nipis digunakan untuk penyedap masakan, memberi rasa segar dan dingin alami, obat-obatan tradisional, mengempukan daging hingga membersihkan karat pada logam.

Di Indonesia sendiri jeruk limau biasa digunakan dalam campuran sambal, bahan penyedap masakan, mencerahkan kulit wajah hingga mencegah diabetes.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini