Share

Penyintas Simak Yuk! Begini Cara Mencegah Reinfeksi Covid-19

Antara, Jurnalis · Rabu 16 Maret 2022 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 16 481 2562584 penyintas-simak-yuk-begini-cara-mencegah-reinfeksi-covid-19-3LrCa5RrSg.jpg Penyintas Covid-19 jangan sampai reinfeksi (Foto: Shutterstock)

KETUA Pengurus Pusat Perhimpunan Alergi Imunologi (Peralmuni) Iris Rengganis mengatakan, orang dengan komorbid memang berpotensi lebih tinggi mengalami penularan ulang atau reinfeksi Covid-19.

Menurutnya, individu dengan komorbid seperti diabetes, usia lanjut, serta autoimun memiliki antibodi yang lebih rendah dibandingkan dengan populasi sehat.

 reinfeksi Covid-19

Secara umum, ia mengemukakan, reinfeksi merupakan kondisi di mana seseorang pernah terinfeksi penyakit satu kali. Lalu ia sembuh, namun terinfeksi lagi.

Reinfeksi Covid-19, terang dia, bisa terjadi karena sistem imun tubuh sudah mulai lemah. Sistem imun sudah tidak dapat mendeteksi virus yang masuk ke dalam tubuh.

"Varian baru itu timbul karena ada mutasi sehingga bisa saja tidak dikenali lagi oleh sistem imun kita setelah ada mutasi kesekian kali, karena vaksin dibuat sesuai dengan jenis virus yang beredar ketika itu," katanya.

Lalu bagaimana cara mencegah reinfeksi Covid-19?

Menurut Dokter Iris Rengganis, guna mencegah reinfeksi Covid-19, penyintas harus disiplin protokol kesehatan. Selain itu kekebalan kelompok melalui vaksinasi juga harus ditingkatkan. Apalagi, saat ini varian Omicron masih beredar di dalam negeri.

 BACA JUGA:Gibran 2 Kali Terpapar Covid-19, Kenali Penyebab Seseorang Bisa Alami Reinfeksi

"Kalau sebelumnya WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) menyampaikan 'herd immunity' (kekebalan komunal) 70 persen cukup, tetapi dengan adanya Omicron saya tidak yakin cukup, diharapkan 85 hingga 90 persen," katanya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini