Share

Tingkatkan Imunitas Tubuh di Tengah Pandemi, Rajin Olahraga dan Bahagia

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 16 Maret 2022 21:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 16 481 2562698 tingkatkan-imunitas-tubuh-di-tengah-pandemi-rajin-olahraga-dan-bahagia-1ZE6gsTOjB.jpg Olahraga meningkatkan imun tubuh (Foto: Goodfon)

SELAMA pandemi Covid-19, kita selalu diingatkan oleh para dokter untuk terus meningkatkan imunitas tubuh agar tidak mudah terinfeksi Covid-19. Apalagi saat ini kasus Covid-19 tengah melonjak.

Dokter Debryna Dewi Lumanauw, salah satu dokter yang bertugas di RS Darurat Wisma Atlet, Jakarta Pusat, mengungkapkan, sejatinya hati yang senang adalah salah satu cara terampuh untuk meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi Covid-19.

 bahagia

"Saya pernah baca penelitian, kalau orang itu gembira, maka imunitasnya akan meningkat karena mereka melepaskan hormon tertentu," kata Debryna belum lama ini.

Pernyataan tersebut bukan tanpa alasan. Hasil penelusuran Okezone, sejumlah ahli sebenarnya memang telah melalukan berbagai penelitian untuk mengetahui kaitan antara hati gembira dan perasaan bahagia dengan peningkatan imunitas tubuh.

Sementara itu, mengutip laman Psychology Today, para ahli telah melakukan uji coba terhadap sejumlah responden dengan cara menunjukkan beragam video lucu kepada mereka.

Dari hasil uji coba tersebut, peserta atau responden yang rutin menonton video-video lucu dan melakukan berbagai aktivitas yang menggembirakan diketahui memiliki potensi yang lebih kecil terkena penyakit flu. Bahkan, meski mereka telah terpapar penyakit ini, gejala yang dialami cenderung lebih ringan.

Sementara itu, Prof Mike Gleeson, pakar exercise biochemistry di Loughborough University sekaligus penulis buku Eat, Move, Sleep, Repeat juga menambahkan, selain gembira, olahraga juga bagus untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Oleh karena itu perlu memahami tips olahraga yang benar agar sistem imun tubuh jadi lebih kuat. Salah satu tips penting adalah jaga tubuh tetap terhidrasi dengan banyak minum air putih saat olahraga agar tidak kekurangan cairan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini